Seputar Tentang Kehidupan Keseharian

Ternyata Begini Cara Mendapatkan Modal Usaha Untuk Bisnis Kecil

0

Halo Guys pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai Referensi Ternyata Begini Cara Mendapatkan Modal Usaha Untuk Bisnis Kecil .

Memulai sebuah usaha baik bisnis besar atau bisnis kecil semua memerlukan modal usaha agar berjalan dengan baik. Sehingga para pebisnis pemula yang sedang merintis usaha harus benar-benar memahami bagaimana cara mendapatkan modal untuk bisnis kecil.

Cara Mendapatkan Modal Usaha

Banyak hal yang harus disiapkan saat ingin memulai sebuah usaha, ide usaha, rencana bisnis dan juga modal yang cukup. Sehingga usaha yang akan dijalankan akan berjalan dengan lancar dan berkembang sesuai dengan harapan.

Cara Mendapatkan Modal Usaha Untuk Bisnis Kecil

Saat Anda memutuskan untuk membuka sebuah bisnis dan memerlukan modal usaha yang cukup besar dibandingkan budget yang ada. Maka harus mencari  cara mendapatkan modal untuk bisnis kecil dari pihak lain sebagai investor. 

Meskipun modal bukanlah hal yang utama saat memulai bisnis namun usaha dapat berjalan sebagaimana mestinya karena dukungan modal yang cukup.  Selain untuk membeli bahan baku dan keperluan lain dalam proses produksi, promosi produk juga memakan biaya yang tidak sedikit. 

Ketika membutuhkan modal untuk usaha yang sedang berkembang maka Anda bisa mendapatkannya dengan beberapa cara sebagai berikut:

1. Mendapatkan Modal Dengan Menabung

Langkah pertama dalam mendapatkan modal usaha adalah dengan mempunyai tabungan pribadi. Sebagaimana orang yang menabung untuk tujuan tertentu seperti menyiapkan dana pensiun, membeli mobil, membeli rumah, pergi ke tempat wisata impian dan lain-lain.

Maka menabung untuk mendapatkan modal usaha juga merupakan salah satu hal yang dapat dilakukan. Mengumpulkan uang sedikit demi sedikit sampai terkumpul menjadi sebanyak yang dibutuhkan untuk memulai sebuah usaha.

2. Meminjam Kepada Teman Dan Keluarga

Meminjam modal usaha kepada teman dan keluarga juga merupakan salah satu jalan keluar yang dapat ditempuh. Namun untuk menghindari masalah yang mungkin terjadi kemudian, maka Anda harus mempunyai jatuh tempo yang pasti untuk mengembalikannya.

Misalnya Anda akan mengembalikan uang pinjaman tersebut kira-kira 1 bulan, 2 bulan atau setahun kemudian. Pastikan dapat mengembalikan sesuai kemampuan Anda agar tidak menimbulkan rasa tidak percaya dari pihak pemberi pinjaman.

3. Mendapatkan Modal Dengan Meminjam Ke Bank

Kemudian  cara mendapatkan modal untuk bisnis kecil yang lain adalah meminjam uang kepada bank. Pilih angsuran yang paling sesuai dengan kemampuan Anda untuk membayar angsurannya. Jangan sampai hasilnya malah akan memberatkan usahamu.

4. Mendapatkan Modal Dengan Crowdfunding

Crowdfunding ini merupakan salah satu aktivitas untuk menggalang dana untuk proyek tertentu. Baik proyek profit maupun nonprofit yang biasanya dilakukan atau disharing di internet. Sekarang banyak sekali platform crowdfunding yang dapat membantu Anda untuk mendashapatkan modal usaha.

Kemudian platform crowfunding tersebut biasanya akan menjadi perantara bagi Anda untuk menghubungkan dengan banyak orang yang berminat. Sehingga mereka akan menginvestasikan sebagian uangnya pada usaha yang sedang Anda jalankan.

Kuncinya agar mudah mendapatkan uang dari investor di crowdfunding ini adalah kepiawaian Anda dalam mengemas produk de dalam sebuah cerita yang menarik. Selain itu juga harus memberikan janji yang menyentuh hati para investor agar memberikan dananya.

Misalnya adalah memberikan contoh produk atau hadiah menarik lainnya yang akan berkesan bagi calon investor. Beberapa contoh situs crowdfunding  semacam ini di Indonesia yang adalah KitaBisa.com, GandengTangan.org, dan Wujudkan.com.

Namun Anda juga dapat memanfaatkan platform crowdfunding internasional yang sudah populer untuk mendapatkan dana yang diinginkan sebagai modal usaha. Contoh platform luar negeri ini adalah sa kamu coba, seperti EquityNet, SeedUps, peerbackers, dan RocketHub.

5. Mendapatkan Modal dengan Menjual Aset

Kemudian cara selanjutnya untuk mendapatkan modal usaha yang dapat ditempuh adalah dengan cara menjual aset. Tidak apa-apa merelakan barang yang  dimiliki untuk memulai modal usaha. Aset berharga yang dapat dijual untuk modal ini adalah properti, mobil, motor, perhiasan dan lain sebagainya.

Namun saat memutuskan menjual aset ini sebaiknya jangan tergesa-gesa karena nafsu ingin segera mendirikan perusahaan. Pertimbangkan terlebih dahulu untung ruginya, jangan sampai sudah kehilangan aset namun usaha juga belum mendapatkan hasil yang setimpal.

6. Mendapatkan Modal dengan Menggadaikan Aset

Langkah selanjutnya adalah mendapatkan modal dengan cara menggadaikan aset yang Anda miliki. Apalagi ketika Anda membutuhkan modal namun sayang untuk menjual Aset tersebut. Sehingga solusi yang terbaik adalah dengan menggadaikannya.

Memang hasilnya tentu tidak akan sebesar ketika menjual aset tersebut secara langsung. Karnea pada umumnya nilai gadai tidak sebesar nilai jual dari aset yang sesungguhnya. Jangan lupa untuk mengambil cicilan sesuai kemampuan sehingga kelak dapat membayarnya dengan mudah.

7. Mendapatkan Modal dengan Mencari partner bisnis

Mencari rekan bisnis merupakan salah satu cara mendapatkan modal untuk bisnis kecil ketika baru memulai. Selain menambah modal usaha rekan bisnis juga dapat menyalurkan ide-ide kreatif yang dapat membantu perkembangan perusahaan dengan lebih cepat.

Tetapi sebelum memulai bekerja sama, jangan hanya berdasarkan pertinmbangan memiliki modal usaha saja. Namun sebaiknya juga mencari rekanan yang mempunyai visi dan misi yang sama dalam menjalankan sebuah usaha.

8. Mendapatkan  Modal dari Konsumen

Mungkin cara yang satu ini belum pernah terlintas dalam benak Anda, padahal untuk model bisnis tertentu, Anda dapat memperoleh modal dari konsumen. Ada banyak sekali usaha yang dapat dilakukan dengan sistem seperti ini, salah satunya adakah menjual barang dengan menggunakan sistem pre order.

Dengan cara seperti ini, Anda dapat meminta sejumlah uang untuk DP terlebih dahulu, setelah konsumen membayar DP Anda dapat langsung melanjutkan proses pesanan konsumen tersebut. Setelah pesanan selesai maka konsumen dapat melunasi semua biayanya untuk mendapatkan barang yang sudah dipesan.

9. Mendapatkan Modal dengan Ikut Program Pendukung UKM

Langkah selanjutnya yang dapat dilakukan untuk mendapatkan modal adalah dengan mengikuti berbagai program pendukung usaha kecil menengah atau UKM yang sering ditawarkan oleh berbagai lembaga pemerintah maupun swasta.

Karena biasanya lembaga tersebut akan menawarkan pinjaman modal usaha sekaligus mengadakan pelatihan dan pendampingan saat pengusaha baru mulai merintis usaha. Sehingga pelaku usaha yang masih pemula mendapatkan banyak masukan untuk setiap langkah yang dilakukan.

10. Mendapatkan Modal dengan Mengajukan Permohonan Dana 

Pada umumnya angel investor mempunyai kekayaan bersih lebih dari 1 juta dolar AS. Ada yang bergerak sendirian namun ada juga yang bergabung dengan angel investor lainnya. Anda dapat mencoba mengajukan permohonan bantuan dana dengan mengajukan proposal bisnis yang menarik.

Saat tertarik membaca proposal yang Anda ajukan dan merasa bahwa bisnis Anda mempunyai masa depan cerah, maka mereka tidak akan ragu mengucurkan dana. Di Indonsesia juga ada komunitas angel investor yang tergabung dalam satu wadah yang bernama ANGIN (Angel Investment Network Indonesia).

Anda juga bisa mendapatkan informasi menarik lainnya pada sejumlah artikel berikut ini.

Baca juga:

Demikianlah 10 cara mendapatkan modal untuk bisnis kecil yang dapat Anda coba dengan penuh keyakinan. Namun yang harus diperhatikan sebelum mulai mencari dana adalah konsep bisnis yang kuat dengan pasar yang jelas. Sehingga semua peluang akan tertarik terhadap usaha yang Anda ajukan.

Penulis: Rien

Related Posts

source : https://www.taupasar.com/2022/08/cara-mendapatkan-modal-usaha-untuk_27.html

Leave A Reply

Your email address will not be published.