Solusi Keringkan Baju Disaat Musim Hujan

79 Likes Comment

Halo Guys pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai Solusi Keringkan Baju Disaat Musim Hujan

Udah mulai masuk ke musim hujan nih, Guys. Salah satu masalah yang paling sering kita alami saat musim hujan adalah pakaian yang bau dan sulit untuk kering. Tapi Guys tidak perlu khawatir, karena kita akan memberikan beberapa tips ampuh untuk membuat pakaian kamu tetap kering dan tidak bau apek, walaupun tidak dijemur di bawah sinar matahari secara langsung. Langsung simak infonya di bawah ini yuk!

 

Cara agar baju atau pakaian tidak bau saat musim hujan tiba, dijamin efektif dan pertahankan wangi.

 

1. Gunakan pengering

Kebanyakan mesin cuci sudah dilengkapi dengan mesin pengering dan kamu bisa memanfaatkannya untuk membuat pakaian kering lebih cepat. Dengan mesin ini, tentunya pakaian kamu akan lebih cepat kering walaupun cuaca sedang hujan. Jika tidak memiliki mesin cuci, kamu bisa menggunakan alat lain seperti kipas angin dan hair dryer untuk membantu baju kering lebih cepat. Setelah menggunakan alat pengering, kamu tinggal menggantung dan mengangin-anginkannya hingga benar-benar kering.

2. Jemur di tempat berangin

Jika tidak bisa menjemurnya di luar rumah karena kondisi hujan, kamu bisa membuat tempat jemuran di atas rumah (yang beratap) dan memiliki sirkulasi udara yang baik agar bisa membantu baju jadi kering lebih cepat. Namun jika kamu tidak memiliki tempat menjemur pakaian di atap rumah, kamu bisa menyulap satu ruangan menjadi tempat jemuran dadakan. Kamu bisa mengikatkan tali jemuran atau  menggunakan hanger. Penambahan kipas angin dan lampu pada ruangan tersebut akan membantu proses pengeringan berjalan lebih cepat.

3. Jaga kelembaban

Kondisi yang lembab menjadi salah satu penyebab pakaian berbau tidak sedap. Untuk itu, jagalah jarak antar pakaian, jangan sampai kamu menggantung beberapa pakaian terlalu dekat agar memudahkan udara bersirkulasi diantara pakaian yang basah. Usahakan pakaian tidak saling menempel. Angin-anginkan jemuran didalam ruangan atau beranda rumah.hanya akan membuatnya menjadi lambat kering. Selain itu, kamu juga harus menjaga kelembaban dalam ruangan tempat kamu menjemur pakaian, salah satu caranya yakni dengan meletakkan garam atau silica gel di salah satu sudut ruangan.

4. Bilas dengan bersih

Sisa detergen atau sabun yang menempel pada pakaian bisa menjadi salah satu penyebab munculnya bau tidak sedap dan bercak putih pada pakaian, terutama di musim hujan. Oleh karena itu, sebelum menjemurnya, bilaslah pakaian yang kamu cuci dengan bersih dan pastikan tidak ada detergen yang tertinggal. Setelah di bilas dengan air bersih, kamu juga bisa merendamnya dengan pelembut dan pewangi pakaian selama 10-15 menit.

5. Jangan ditumpuk

Setelah cucian benar-benar kering setelah diangin-anginkan, jangan langsung menumpuknya. Karena tumpukan pakaian inilah yang menjadi salah satu penyebab bau tidak sedap pada pakaian. Setelah diangkat, sebaiknya setrika baju tersebut, lipat atau gantungkan, lalu simpan dalam lemari. Pastikan lemari pakaian kamu juga terjaga kelembabannya yah, Guys, caranya kamu bisa menambahkan silica gel di dalamnya.

6. Saat menyetrika

Jika ada pakaian yang belum benar-benar kering, kamu bisa menyetrikanya. Tapi hindari menyemprotkan pewangi pada pakaian yang belum kering betul karena justru akan menimbulkan bau apek. Namun jika masih terasa lembab walaupun sudah disetrika, gantung dan angin-anginkan pakaian tersebut hingga benar-benar kering.

Hindari pula menyetrika pakaian yang masih basah atau lembab dengan panas yang maksimal. Bukannya membuat pakaian jadi kering, hal tersebut justru membuat tekstur baju kamu jadi rusak karena panas yang maksimal. Kamu bisa mengikuti ketentuan panas yang tertera pada label baju.

7. Simpan baju berbahan katun dan wool

Baju yang terbuat dari bahan katun lebih menyerap banyak air dan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk kering, walaupun sudah dikeringkan dengan mesin pengering. Nah karena itu, sebaiknya hindari menggunakan kedua bahan tersebut saat musim hujan. Pakaian yang berbahan tipis dan jatuh seperti chiffon dan spandek, karena cenderung lebih cepat dalam proses pengeringannya.

Dengan tips di atas, dijamin baju kamu bebas bau dan kering lebih cepat. Selamat mencoba semoga bermanfaat, Guys! 😀

You might like

About the Author: Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.