Seputar Tentang Kehidupan Keseharian

Ramah Lingkungan Tapi Menghasilkan Cuan, 7 Ide Bisnis Go Green yang Menjanjikan

0

Halo Guys pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai Referensi Ramah Lingkungan Tapi Menghasilkan Cuan, 7 Ide Bisnis Go Green yang Menjanjikan .

Tahukah kamu di zaman sekarang bisnis go green termasuk usaha yang paling banyak diminati masyarakat, apalagi khusus kawula muda.

Ide Bisnis Go Green

Apa Itu Go Green?

Sebelum membahas ide bisnis go green, kamu harus mengetahui dulu pengertiannya sehingga bisa memahami maksud dari jenis bisnis go green. Go green merupakan mengubah gaya hidup seseorang menjadi lebih eco-friendly atau ramah lingkungan disekitarnya. 

Sehingga dengan begitu bisa menjadi lebih sadar akan lingkungan sekitar,  mengubah gaya hidup yang dapat mengurangi tingkat polusi dan sampah yang kita buang.

Seperti yang kamu ketahui, kini bumi tengah mengalami meluasnya tingkat polusi serta pemanasan global akibat perkembangan industri, banyak juga orang yang memanfaatkan isu tersebut sebagai peluang usaha. 

Bukan sekedar keuntungan pribadi saja, go green juga bisa dijadikan sebagai peluang bisnis bahkan banyak pengusaha yang menerapkan ide bisnis go green sebagai upaya menjaga kelestarian lingkungan.

Apa Itu Bisnis Go Green?

Jadi, bisnis go green atau biasa disebut green business merupakan sebuah konsep dalam menjalankan bisnis tidak hanya memikirkan keuntungan saja tetapi juga memperhatikan dampak dari bisnis tersebut terhadap lingkungannya.

Baik di luar negeri maupun di dalam negeri telah menerapkan ide bisnis go green ini seperti Nike, Adidas, IKEA, PT Sinar Sosro, Garudafood dan masih banyak lagi.

Selain memiliki peluang besar, menerapkan bisnis go green pada usaha ternyata baik bagi cost flow bisnis, hal ini disebabkan bisnis yang sudah menerapkan green business umumnnya memanfaatkan produk keberlanjutan dan dapat didaur ulang.

Buat kamu yang tertarik dengan jenis bisnis ini tapi masih bingung mencari  mencari ide bisnis go green, berikut 7  ide bisnis go green yang bisa kamu jadikan referensi dan sebagai pilihan untuk diterapkan.

7 Ide Bisnis Go Green yang Menjanjikan

1. Jual Barang Preloved

Di lemari numpuk baju tapi jarang dipakai? Jika baju-baju tersebut masih layak pakai tidak ada salahnya kamu jadikan bisnis dengan menjualnya dengan mendirikan toko baju bekas.

Toko baju bekas atau akrab dengan istilah thrift shop termasuk salah satu ide bisnis go green. Dari pada jadi sarang nyamuk apalagi dibuang ke tempat sampah, lebih baik dijual kembali. Isi lemari berkurang cuan pun bertambah..

Berdasarkan keterangan yang dilansir Planet Aid, limbah pakaian memiliki dampak yang besar bagi lingkungan. Jika dibuang begitu saja, akan menghasilkan gas rumah kaca dan racun yang dilepas ke tanah dan perairan sangat mampu memengaruhi ekosistem secara nyata.

Oleh karena itu, pembuangan tekstil harus dikurangi salah satunya dengan menjalankan bisnis ini. Berbisnis preloved sama dengan memperpanjang siklus penggunaan suatu pakaian dan menyelamatkan lingkungan.

2. Kosmetik Organik

Beberapa tahun terakhir, industri kosmetik bisa menjadi ide bisnis go green yang telah berkembang, dipengaruhi oleh influencer kecantikan di berbagai media sosial. Selain wanita, pengguna kosmetik juga mengalami peningkatan di kalangan pria yang peduli pada perawatan kulit dalam rutinitas harian merdeka, hal ini memberikan kontribusi dalam pertumbuhan industri ini.

Ide bisnis go green kosmetik menggunakan bahan-bahan baku alami dari sumber daya terbarukan, selain penggunaan formulasi bahan ramah lingkungan, produk kosmetik organik juga menggunakan metode pengemasan dan produksi yang lebih sehat dan tentunya Eco Friendly. 

Selain memiliki dampak baik terhadap lingkungan, kosmetik organik juga tidak menimbulkan reaksi alergi dengan dampak toksik minimal untuk jangka panjang bagi manusia begitu pula lingkungan.

Beberapa bahan yang dapat kamu perhatikan saat membeli kosmetik adalah asam lemak seperti asam stearat, dan asam oleat, minyak jarak atau castor oil, trigliserida rantai menengah (MCT), minyak kelapa, dan pengawet food grade.

3. Sewa Sepeda

Siapa sangka dengan membuka bisnis sewa sepeda bisa menghasilkan pundi-pundi cuan, apalagi ide bisnis go green bertema anti polusi sehingga jenis usaha ini sangat cocok untuk jadi pilihan.

Untuk menyewa sepeda, pelanggan biasanya diminta untuk menunjukan kartu identitas berupa KTM ataupun SIM dan siapa saja diperbolehkan menyewa selama bisa menunjukan kartu tanda pengenal mereka. Selain itu, mengenai tarif persewaan sepeda ini biasanya berkisar antara Rp 10.000 hingga Rp 20.000 per jam nya.

4. Furniture Bahan Daur Ulang

Ide bisnis go green selanjutnya dengan membuat usaha furniture yang berasal dari bahan daur ulang, kamu bisa memanfaatkan sampah furniture yang sudah rusak dan tidak terpakai lagi untuk membuat sebuah furniture baru yang baru dan lebih berkualitas.

Jika kamu membuka jenis bisnis go green ini, kamu bisa menggunakan kreativitas dalam pembuatannya dan juallah dengan harga lebih mahal. Umumnya bahan daur ulang memiliki daya jual yang tinggi akibat proses pengerjaannya cukup sulit.

5. Bank Sampah

Siapa bilang hanya uang saja yang memiliki bank, sampah juga memilikinya. Membuat bank sampah bisa menjadi ide bisnis go green bagi kamu. 

Kamu bisa mengubah sampah menjadi uang dengan menjualnya ke agen tertentu. Proses pengerjaan usaha bank sampah dapat dimulai dengan mengumpulkan warga sekitar di lingkungan kamu untuk menyetorkan sampah mereka. 

Setelah itu, nantinya mereka akan mendapatkan uang berdasarkan dengan jenis dan berat sampahnya. Terus kamu tinggal menyetorkan sampah tersebut kepada agen tertentu untuk mendapatkan keuntungan.  Selain praktis dan mudah, bisnis bank sampah ini juga tidak memerlukan modal yang banyak serta bisa membantu mengurangi sampah demi menjaga kelestarian lingkungan kita.

6. Bisnis Totebag

Belum lama ini, Indonesia tengah menerapkan mengurangi penggunaan kantong plastik. Maka dari itu masyarakat dihimbau membawa atau membeli tas kain sendiri yang bisa digunakan secara berulang-ulang. Hal inilah bisnis totebag menjadi peluang bisnis ramah lingkungan untuk kamu.

Membuat totebag bisa menggunakan kain bekas yang sudah tidak terpakai dan mendesain totebag tersebut semenarik mungkin. Totebag ini sangat awet, dan memiliki penampilan yang menarik untuk dilihat.

7. Jual Sabun Non-Deterjen

Memulai bisnis ini harus bekerja sama dengan ahli apoteker sehingga produk sabun non-deterjen yang kamu jual aman digunakan oleh calon pembeli. 

Untuk bahan-bahan pembuatannya bisa menggunakan minyak alami ataupun susu kambing seperti yang sudah menjadi trend saat ini. Perlu diketahui nilai jual sabun dan shampo non-detergen sangat tinggi.

Jadi, coba gunakan pemasaran secara online dan jangan lupa mengemasi produk semenarik mungkin agar dapat menambah perhatian calon pembeli terhadap produk yang kamu jual.

Berbisnis sekaligus bisa ikut serta menyelamatkan lingkungan, hal ini menjadi langkah yang harus diakui dan mulai didorong untuk dilestarikan.

Simak juga sejumlah artikel menarik lainnya berikut ini.

Baca juga:

Itulah 7 ide bisnis go green yang bisa kamu jadikan referensi untuk diterapkan di kehidupan nyata. Selain memberi keuntungan bisnis go green ini juga turut membantu menyelamatkan bumi. Berani untuk mencoba?

Related Posts

source : https://www.taupasar.com/2022/12/ide-bisnis-go-green.html

Leave A Reply

Your email address will not be published.