Seputar Tentang Kehidupan Keseharian

Modal Usaha Salon Kecantikan Tanpa Sewa Tempat Berapa?

0

Halo Guys pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai Referensi Modal Usaha Salon Kecantikan Tanpa Sewa Tempat Berapa? .

Banyak orang yang sadar pentingnya penampilan. Untuk mendapatkan penampilan yang bersih, orang-orang melakukan perawatan di salon. Hal tersebut bisa menjadi ladang usaha yang menjanjikan. Namun, ketahui dulu modal usaha salon kecantikan tersebut.

Modal Usaha Salon

Modal erat kaitannya dengan dunia usaha. Secara umum, setiap orang yang akan memulai usaha membutuhkan modal untuk kelancaran usahanya. 

Tanpa modal, sebuah usaha mungkin tidak dapat berjalan dan berkembang. Oleh sebab itu, modal merupakan hal yang sangat penting untuk keperluan suatu bisnis baik usaha kecil, menengah atau besar.

Bicara mengenai modal usaha salon kecantikan, Anda perlu menyiapkan budget yang lumayan besar.

Setidaknya, Anda membutuhkan modal untuk peralatan salon seperti kursi salon, cermin, tempat cuci rambut yang harganya lumayan. Jadi, berapa modal usaha salon kecantikan di rumah dengan budget minim?

Inilah Modal Usaha Salon Kecantikan di Rumah 

Jika usaha salon kecantikan yang Anda jalankan di rumah, maka lebih hemat. Padahal, untuk sewa tempat biasanya orang-orang mengeluarkan budget Rp 5.000.000 per tahun. Meskipun, tidak bayar sewa tempat, namun ada biaya lain yang perlu Anda siapkan yaitu:

1. Peralatan Salon Kecantikan

Walaupun Anda berencana membuka usaha salon kecantikan di rumah, namun usahakan peralatan salonnya lengkap. Tujuannya untuk menumbuhkan tingkat kepercayaan dan kenyamanan pelanggan.

Semakin lengkap peralatan salon kecantikan, semakin besar pelanggan yang tertarik untuk datang. Sebagai gambaran berikut modal peralatan salon kecantikan di rumah:

  • Kursi salon 2 buah : Rp 600.000
  • Cermin besar 2 buah : Rp 800.000
  • Tempat cuci rambut : Rp 1.200.000
  • Kursi tunggu : Rp 200.000
  • Handuk 1 lusin ukuran kecil : Rp 50.000
  • Gunting sisir satu set : Rp 700.000
  • Tempat tidur facial : Rp 1.000.000
  • Steamer rambut : Rp 1.100.000
  • Steamer badan : Rp 800.000
  • Total biaya peralatan salon kecantikan Rp 6.450.000

Modal Operasional

Modal operasional meliputi ke dalam beberapa komponen penting seperti shampoo, pewarna rambut, kosmetik dan lain-lain. Berikut kisaran modal operasional salon:

  • Shampo, conditioner, pewarna rambu : Rp 1.500.000
  • Kosmetik perawatan tubuh dan wajah : Rp 2.000.000
  • Total modal operasional salon kecantikan : Rp 3.500.000

2. Promosi Salon Kecantikan

Suatu bisnis tidak akan berjalan tanpa adanya promosi. Untuk melakukan promosi salon kecantikan di rumah, Anda dapat memanfaatkan sistem mulut ke mulut, atau kemajuan teknologi melalui media sosial. 

Jika Anda ingin melakukan promosi salon menggunakan banner atau brosur, setidaknya harus menyiapkan modal usaha salon kecantikan untuk promosi minimal Rp 1.000.000.

3. Gaji Karyawan

Jika membutuhkan tenaga tambahan, tentu harus mempekerjakan orang lain untuk membantu Anda di salon bukan?  Gaji karyawan tidak lepas dari perencanaan anggaran modal usaha kecantikan. Setidaknya, gaji karyawan salon kecantikan rata-rata Rp 1.500.000 per bulan. 

Tips Memulai Usaha Salon Kecantikan di Rumah

Setelah mengetahui modal usaha salon kecantikan, ada baiknya Anda mengetahui apa saja tips mulai usaha tersebut:

1. Menguasai Keahlian

Hal pertama memulai usaha salon, pastikan dulu Anda menguasai keahlian dalam bidang salon kecantikan. Anda bisa mengambil kursus dan bisa mempekerjakan karyawan dengan keahlian tersebut.

Contohnya, jika ahli dalam potong rambut. Bukalah dulu salon khusus potong rambut. Seiring berjalannya waktu, tambahkan dengan jasa lainnya. Seperti, creambath, smoothing, sampai masker rambut dan muka.

2. Membuat Rencana Bisnis

Rencana bisnis merupakan hal penting, agar Anda memiliki gambaran mengenai bisnis yang akan dijalankan nantinya. Buatlah rencana bisnis mulai dari konsep salon, lokasi, pelanggan, biaya, promosi, dan biayanya. Jika sudah memiliki rencana bisnis yang matang, Anda lebih mudah mendapatkan pelanggan nantinya.

3. Mengikuti Trend

Jika akan memulai bisnis salon kecantikan, maka harus mengetahui trend. Seperti, model rambut apa yang sedang digemari saat ini. Ketahui trend mulai dari anak-anak, laki-laki, dan perempuan.

Tujuannya, supaya pelanggan bisa terlihat lebih rapi, menarik, dan tentunya kekinian. Ketahuilah kebutuhan pasar dengan baik.

Anda juga bisa menyimak sejumlah informasi menarik lainnya berikut ini,

Baca juga:

Itulah modal usaha salon kecantikan yang perlu Anda siapkan. Untuk memulai usaha salon kecantikan, fokuslah dulu pada salah satu keahlian dan siapkan peralatan sesuai dengan keahlian tersebut. 

Penulis: Erisa Agustira

Related Posts

source : https://www.taupasar.com/2022/11/modal-usaha-salon-kecantikan.html

Leave A Reply

Your email address will not be published.