Seputar Tentang Kehidupan Keseharian

Kamu Wajib Tahu! Cara Jualan Sepatu Second dengan Benar dan Tepat

0

Halo Guys pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai Referensi Kamu Wajib Tahu! Cara Jualan Sepatu Second dengan Benar dan Tepat .

Menjalankan sebuah usaha bisa apa saja, baik itu karena hobi, skill, atau kebutuhan hidup. Jenis usaha yang diambil juga berbagai macam, dari yang rendah, menengah, hingga paling atas. Salah satunya jenis usaha yang menengah adalah jualan sepatu second, eitss ingat ya bukan sembarang barang bekas.

Cara Jualan Sepatu

Barang second atau bekas ini pastinya yang masih layak dipakai, meskipun ada cacat setidaknya kerusakan barang yang akan dijual lagi ini maksimal 10%. Sepatu sudah menjadi kebutuhan pokok bagi manusia, selain untuk melindungi kaki. Sepatu juga dijadikan sebagai aksesoris sehingga penampilan kamu bisa semakin trendy dan kece.

Tentu saja untuk mendapatkan sepatu yang bagus harus menghabiskan isi dompet kamu. Maka dari itu, membuka usaha jual sepatu second bisa menjadi pilihan kamu yang dikhususkan bagi mereka kelas menengah.

Tapi sebelum membuka usaha jual sepatu second, kamu harus tahu bagaimana cara dan trik supaya penjualan kamu semakin tinggi. Kebetulan kali ini, kami akan membahas mengenai cara jualan sepatu second yang pastinya yang benar dan tepat. Berikut penjelasannya.

Cara Jualan Sepatu Second

1. Riset Pasar

Hal yang paling utama untuk menjalan usaha salah satunya jualan sepatu second adalah melakukan analisa pasar, untuk mendapatkan informasi. Dengan adanya riset pasar, kamu akan tahu model sepatu apa yang sedang trend. Selain itu kamu juga bisa mengetahui patokan harga yang sesuai untuk jualan sepatu second.

Maka dari itu, cara jualan sepatu second dengan melakukan riset merupakan suatu hal yang harus dilakukan pertama kali.

2. Menentukan Asal dan Pilihan Sepatu Second

Tidak sembarang sepatu bisa kamu jadikan untuk dijual kembali, umumnya bagi pengusaha sepatu second lebih memilih sepatu yang bermerek atau dari luar negeri. Hal ini dikarenakan, kualitas sepatu yang sudah terjamin. Jadi tidak masalah meskipun sepatu tersebut second.

Kemudian, cara jualan sepatu second yang harus kamu ketahui yaitu pemilihan sepatu yang sedang trend. Dengan begitu, konsumen akan lebih tertarik untuk melihat-lihat produk kamu hingga membelinya.

Ingat, pastikan untuk mengambil sepatu second yang bermerek karena dapat memberikan nilai prestise untuk calon konsumen.

3. Pemasaran Produk

Kamu bisa melakukan pemasaran jualan sepatu second melalui offline dan online, sehingga kamu bisa menggaet calon konsumen lebih luas. Melakukannya secara bersamaan, bisa meningkatkan hasil penjualan. Dengan jualan offline bisa membuka toko serta tempat yang strategis.

Sedangkan secara online, kamu bisa menggunakan media sosial bahkan bisa memanfaatkannya untuk bergabung toko online.

4. Cari dari Pengepul Pertama

Mencari dari pengepul pertama merupakan cara jualan sepatu second yang wajib untuk diketahui. Sumber untuk mendapatkan sepatu second menjadi faktor krusial, sehingga kamu bisa menentukan seberapa layak dan kualitas dari barang.

Kualitas sepatu sudah sepatutnya menjadi pertimbangan pelanggan untuk membeli produk kamu.  Akan lebih baik lagi jika kamu memiliki cara mengumpulkan barang dagangan lewat tanganmu pribadi, jika tidak pengepul barang bekas bisa menjadi rujukan yang tepat.

5. Tentukan Modal Usaha

Cara jualan sepatu second yang tidak boleh kamu lupakan yaitu menentukan modal usaha sepatu second. Setidaknya kamu perlu mempersiapkan modal sekitar Rp 5 juta untuk membeli sepatu second yang bermerek.

Bisa jadi modal yang dibutuhkan bisa lebih tinggi lagi, karena hal ini disesuaikan dengan harga tempat kamu membeli stok sepatu second.

6. Membersihkan Sepatu Sebelum Dijual

Mencuci sepatu second setelah membelinya itu sangatlah penting untuk dilakukan. Agar sepatu second yang branded ini tetap bersih dan terhindar dari bakteri yang sebelumnya menempel. Pastikan juga sepatu tersebut benar-benar sudah bersih sebelum kamu foto dan dipromosikan ke khalayak.

7. Informasikan Kelebihan dan Kekurangan dari Sepatu Second

Saat melakukan promosi online, hal yang harus kamu lakukan dengan mencamtumkan kelebihan dan kekurangan produk. Mengingat sepatu yang dijual merupakan barang bekas tidak 100% tanpa lecet, jadi perlu kamu beri keterangan agat calon konsumen tidak merasa tertipu.

Keuntungan Jualan Sepatu Second

Kelebihan atau keuntungan dari jualan sepatu second pastinya bisa menambah pemasukan kamu. Meskipun dijadikan sebagai bisnis sampingan, tapi jualan sepatu second termasuk bisnis yang sangat menguntungkan.

Ditambah lagi di zaman sekarang jualan sepatu second lagi banyak peminatnya, jadi tidak salah kami menjadikannya sebagai ladang cuan. Selain itu, jualan sepatu second bisa mengurangi resiko penimbunan sepatu yang tidak dipakai lagi. 

Sehingga rak sepatu kamu menjadi terlihat bersih, karena penimbunan sepatu tersebut kamu jual kembali. Bisnis ini sangat mudah dilakukan, karena bisa memulai nya dengan memanfaatkan media sosial. 

Usaha ini bisa menghindarikan kamu dari mubadzir, karena sepatu bekas branded yang masih layak pakai bisa dipakai oleh orang lain lagi.

Resiko dari Jualan Sepatu Second

Konsumen yang beragam membuat kamu juga harus memiliki berbagai variasi jenis sepatu.

Baik itu dari segi warna, ukuran kaki, bahkan model sekaligus. Makanya, kamu harus tetap konsisten untuk mengusung satu tema dalam produk-produk yang dijual. 

Dengan begitu, calon pembeli akan lebih mudah untuk mengenali dan menjadi pelanggan tetap kamu. Hal ini pasti akan memudahkanmu dalam melakukan branding. Perubahan trend yang selalu berubah dengan cepat, menjadi salah satu resiko yang harus dihadapi oleh penjual sepatu second.

Maka dari itu sudah sepatutnya kamu selalu mengikuti tren yang sedang berkembang, agar tidak ketinggalan zaman. Agar usaha sepatu second kamu bisa terhindar dari hal-hal buruk. Pastikan sebelum memulai, kamu sudah merencanakannya dengan teliti dan baik.

Kenali dan kelola setiap risiko usaha ini dengan cara yang tepat, sehingga tidak menjadi kendala maupun hambatan bagi kamu yang sedang menjalankan usaha. Hal ini pastinya membuat kamu mendapatkan angka penjualan tinggi dan kesuksesan dari bisnis sepatu yang dijalankan.

Di bawah ini juga disediakan sejumlah informasi yang tak kalah menarik, simaklah.

baca juga:

Ingat, karena sepatu bekas mengutamakan yang bermerek atau import. Jadi pastikan selalu berikan deskripsi sedetail dan sejujur mungkin ya. Dengan begitu kamu bisa mendapatkan kepercayaan konsumen.

Demikian pembahasan mengenai cara jualan sepatu second, semoga informasi yang diberikan bisa bermanfaat dan menjadi referensi kamu yang menjalankan usaha. 

Related Posts

source : https://www.taupasar.com/2022/09/cara-jualan-sepatu-second.html

Leave A Reply

Your email address will not be published.