Seputar Tentang Kehidupan Keseharian

Cara Mengelola Channel Telegram Bisnis untuk Meningkatkan Penjualan

0

Halo Guys pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai Referensi Cara Mengelola Channel Telegram Bisnis untuk Meningkatkan Penjualan .

Cara mengelola channel telegram bisnis adalah informasi penting yang perlu Anda simak sebagai pemilik suatu bisnis. Tahukah Anda jika aplikasi Telegram dapat Anda kelola untuk meningkatkan penjualan produk bisnis Anda?

Cara Mengelola Channel Telegram

Ini adalah alternatif terbaru untuk Anda agar bisa menarik banyak perhatian orang-orang terhadap bisnis yang Anda lakukan. Untuk itu, sudah saatnya Anda kelola aplikasi Telegram Anda secara baik agar bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan peningkatan bisnis Anda.

Begini Cara Mengelola Channel Telegram Bisnis

Sebagai salah satu aplikasi populer, Telegram ternyata memiliki beberapa fitur yang bisa menunjang peningkatan bisnis Anda. Ini akan sangat bermanfaat untuk Anda, apalagi jika  Anda sedang merintis suatu bisnis. Untuk cara mengelola channel Telegram bisnis bisa Anda baca melalui informasi di bawah ini.

1. Lakukan Penginstalan Aplikasi Telegram

Berbisnis di Telegram adalah cross-app commerce, jadi tentunya pengusaha harus memiliki aplikasi Telegram terlebih dahulu. Penjual kemudian mengiklankan produk tersebut agar masyarakat dapat dengan cepat mengetahui tentang produk tersebut.

Jadi, cara pertama untuk menjalankan bisnis Anda secara online dengan Telegram adalah dengan mengunduh dan menginstal aplikasi terlebih dahulu. Sedangkan untuk aplikasi Telegram sendiri, Anda bisa ditemukan di Google Play store secara gratis.

Namun sebelum melakukan pengunduhan atau penginstalan, pastikan Anda memiliki cukup ruang penyimpanan di HP Anda agar proses pengunduhan dapat berjalan dengan lancar. Pastikan juga perangkat HP Anda mendukung aplikasi Telegram versi terbaru.

2. Buat Channel di Telegram

Cara berbisnis di Telegram selanjutnya adalah dengan membuat channel Telegram untuk bisnis Anda. Kemudian bagikan tautan channel dengan media sosial lain seperti Facebook, IG, Tik Tok. Jika Anda memiliki situs web komersial, silakan bagikan juga tautan grup Telegram di sana.

Anda juga dapat menambahkan akun Telegram orang langsung ke channel bisnis. Namun, Anda tidak boleh sembarangan memasukkan akun dan hanya boleh memasukkan anggota keluarga, teman dekat, atau orang yang benar-benar tertarik dengan produk bisnis Anda.

Channel ini akan sangat bermanfaat karena melalui ini Anda bisa membagikan informasi mengenai bisnis Anda. Misalnya Anda mempunyai bisnis skincare, maka Anda bisa membagikan pemberitahuan akan produk baru yang akan segera diluncurkan.

3. Cara Mengelola Channel Telegram Bisnis dengan Mempromosikan Bisnis Anda

Setelah membentuk channel Telegram. Artinya sudah saatnya Anda mempromosikan bisnis Anda. Cara terbaik untuk promosi melalui Telegram adalah melalui fitur video call. Fitur ini memungkinkan penjual untuk meninjau produk dan kemudian membagikannya dalam channel, sehingga beberapa akun dapat melihatnya.

Dimohon sebelum Anda merekam video terlebih dahulu, pastikan uraian Anda menarik dan mendorong calon pelanggan untuk membeli produk Anda. Penjual juga harus memberikan detail produk yang lengkap, termasuk harga.

Sebelum melakukan promosi, Anda bisa untuk menyusun uraian daripada produk atau bisnis yang Anda promosikan. Usahakan untuk menggunakan bahasa yang baik dan benar sehingga bisa dipahami oleh para pembeli Anda nantinya.

4. Buat Chatbot dan Gunakan Untuk Menjawab Pertanyaan Pelanggan

Setelah selesai melakukan promosi komersial, Anda tinggal menunggu respon dari akun yang menonton video promosi tersebut. Jika ada akun yang tertarik untuk membeli barang tersebut, sebaiknya seller merespon secepatnya.

Namun, ini tidak berarti bahwa Anda harus berdiri di depan laptop 24 jam penuh. Anda bisa membuat chat bot yang secara otomatis merespons semua chat dari akun penjual. Chat bot ini akan menjawab pertanyaan dan permintaan pemesan terkait pemesanan produk.

Telegram sekarang memungkinkan pebisnis untuk membuat bot otomatis sebagai fungsi dukungan pelanggan untuk bisnis mereka. Misalnya, chatbot untuk menjawab pertanyaan yang sering diajukan (FAQ). 

Namun, pengguna Telegram harus memiliki beberapa keterampilan pengkodean untuk mengaktifkan fitur ini. Atau, Anda dapat bekerja dengan pihak ketiga yang menawarkan layanan pembuatan chatbot untuk bisnis.

Saat menjalankan bisnis online, para pelaku bisnis sering mendapat pertanyaan serupa dari banyak atau calon pelanggan tentang produk dan jasa yang dijual. Orang-orang komersial juga sering menghadapi keluhan dari pelanggan. Sementara itu, pelaku komersial juga disibukkan dengan pesanan kumulatif.

Dalam situasi seperti ini, para pelaku bisnis pasti membutuhkan bantuan untuk memberikan layanan pelanggan yang terbaik, termasuk menjawab pertanyaan dan menangani keluhan pelanggan.

5. Memberikan Pelayanan Terbaik Kepada Pelanggan Anda

Cara mengelola channel Telegram bisnis berikutnya adalah dengan melayani pelanggan Anda sebaik mungkin. Ini mencakup tidak hanya ketekunan Anda dalam mengkomunikasikan informasi produk kepada pelanggan, tetapi juga keberanian untuk menjual produk mereka dengan harga yang terjangkau.

Masyarakat terbiasa membeli produk secara online karena harganya yang relatif lebih rendah dari harga pasar. Jika penjual ingin bersaing di Telegram, tentu saja mereka perlu menyesuaikan label harganya, dan jika memungkinkan, harus sedikit lebih rendah dari pedagang online lainnya.

Cara berbisnis di Telegram di atas bisa berhasil jika penjualnya serius dalam berbisnis. Selain itu, Anda juga harus bersabar karena persaingan bisnis online sangat jarang terjadi. Bahkan orang yang sebenarnya tidak berprofesi sebagai pedagang menjalankan jenis usaha yang sama. Jadi berbisnis. Namun, strateginya harus matang.

6. Fungsikan Panggilan Video

 
Ketika fungsionalitas chatbot tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan dukungan pelanggan, Telegram memperkenalkan fungsionalitas panggilan video untuk memberikan layanan pelanggan yang lebih baik. Fitur ini memungkinkan bisnis untuk bertanya dan menjawab pertanyaan langsung dengan pelanggan mereka dalam channel Telegram.

Untuk menggunakan fitur ini, ketuk ikon obrolan di sudut kanan atas channel Telegram Anda dan ketuk Lanjutkan untuk melakukan panggilan video instan. Namun, jika Anda ingin memiliki siaran langsung reguler, tanya jawab langsung, atau dukungan pelanggan langsung di grup Telegram pada waktu tertentu, pilih opsi Jadwalkan panggilan video.

Dengan fasilitas atau fitur yang satu ini, Anda bisa lebih mendekatkan diri kepada konsumen Anda. Selain itu, konsumen juga akan merasa diistimewakan mengenai penggunaan layanan ini karena mereka dapat secara langsung memantau bagaimana bisnis Anda berjalan.

Dapatkan juga informasi menarik lainnya yang bisa didapatkan berikut ini.

Baca juga:

Demikianlah informasi yang dapat artikel bagikan kali ini mengenai cara mengelola channel Telegram bisnis  dengan baik dan benar agar bisa menunjang penjualan bisnis Anda. Penggunaan Telegram dalam bisnis sangat berpengaruh besar terhadap peningkatkan bisnis, terutama jika Anda ingin mendapatkan banyak keuntungan.

Penulis: Rizal Herdiansyah

Related Posts

source : https://www.taupasar.com/2022/11/cara-mengelola-channel-telegram-bisnis.html

Leave A Reply

Your email address will not be published.