Seputar Tentang Kehidupan Keseharian

Cara Memulai Bisnis Voucher WiFi yang Menjanjikan dan Bisa Anda Coba Di Rumah

0

Halo Guys pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai Referensi Cara Memulai Bisnis Voucher WiFi yang Menjanjikan dan Bisa Anda Coba Di Rumah .

Kemajuan teknologi juga membawa peluang bisnis baru. Salah satunya adalah bisnis voucher WiFi. Tidak perlu membuka lokasi khusus,  bisnis yang satu ini bisa  Anda lakukan di rumah. Anda sendiri Bahkan selama pandemi Covid-19, voucher WiFi menjadi bisnis yang layak. 

Cara Memulai Bisnis

Sebelum adanya bisnis kreatif voucher WiFi ini, orang- orang mengenal adanya warung internet (warnet). Entah kenapa, konsep bisnis ini tidak jauh berbeda dengan warnet. Bedanya, sesuai dengan namanya, Voucher WiFi hanya menggunakan voucher dan tidak memerlukan komputer untuk disewa seperti di warnet pada umumnya. 

Memulai Bisnis Voucher Wifi 

Bisnis yang satu ini tentunya bisa membawa keberuntungan bagi Anda. Apalagi jika daerah di sekitar rumah Anda banyak memiliki anak-anak yang hobi bermain game. Mereka tidak akan segan untuk membayar kepada Anda demi mendapatkan jaringan internet yang stabil.

Untuk memulai bisnis yang satu ini tidaklah sulit. DIbawah ini akan Anda baca mengenai penjelasan untuk cara memulai bisnis voucher WIFI yang dapat mudah dilakukan, sekalipun Anda tidak pernah berbisnis sebelumnya. Caranya adalah sebagai berikut:

1. Instalasi Internet

Wi-Fi pada dasarnya menggunakan sinyal radio secara nirkabel dalam jarak pendek (kurang dari 150 meter). Sinyal nirkabel jarak pendek ini dapat terhubung ke berbagai perangkat seperti smartphone, laptop, tablet, dan komputer. Sinyal nirkabel jarak pendek ini tidak berguna tanpa akses Internet melalui WiFi. Jadi, yang Anda butuhkan untuk menjalankan bisnis kupon WiFi di sini adalah sumber internet.

Resource Internet ini harus unlimited atau kuota tidak terbatas. Sumber daya internet tanpa batas ini dapat diperoleh dengan beberapa cara. Misalnya, berlangganan internet kabel memberikan stabilitas dan kekebalan yang lebih besar dari cuaca (kecuali untuk bencana alam). Internet kabel biasanya menggunakan serat optik (FO), koaksial, atau kabel telepon sebagai medianya. 

Bagaimana jika ISP kabel Anda belum sampai ke rumah Anda? Anda dapat menggunakan penyedia nirkabel internal atau jaringan RT-RW yang menyediakan bandwidth minimal 5Mbps. Biasanya, Anda dapat menghubungkan 10 perangkat dengan bandwidth yang relatif konstan. 

Bagaimana jika internet kabel atau nirkabel dalam ruangan tidak tersedia di lokasi Anda?Gunakan jaringan seluler jika keduanya tidak tersedia di wilayah Anda.

Lebih baik lagi, jaringan seluler lokal Anda mencakup 4G atau 5G. Bidik di luar ruangan dengan nirkabel 4G atau 5G dari rumah Anda ke menara 4G atau 5G terdekat. Ini juga menggunakan opsi paket tanpa batas di jaringan seluler. 

Jika sinyal seluler tidak bagus di tempat Anda tinggal, opsi berikutnya adalah internet satelit atau “Internet dari udara”.Namun, harga teknologi, yang sering disebut internet VSAT, lebih baik dibandingkan dengan tiga opsi sebelumnya, dan yang paling mahal. 

2. Buat Sistem Penjualan

Setelah sumber internet diverifikasi, langkah selanjutnya untuk memulai bisnis voucher WiFI  adalah membuat sistem penjualan. Secara umum, ada dua metode: menggunakan peralatan yang ada (disediakan oleh penyedia langganan internet Anda) atau membuat sistem voucher Anda sendiri. Jika Anda menggunakan perangkat yang ada, Anda harus mengubah kata sandi secara teratur. 

Sistem ganti password memiliki kelebihan seperti murah karena tidak perlu membeli router atau WiFi AP, tidak membutuhkan printer untuk mencetak kupon, dan bisa langsung menggunakan WiFi yang disediakan provider. 

Namun, sistem ini juga memiliki beberapa kekurangan, seperti mengganti password secara berkala, tidak dapat menyesuaikan jumlah waktu pengguna, delay ketika pengguna terlalu banyak, dan kecepatan internet yang tidak merata.

Perangkat keras tambahan diperlukan saat menggunakan sistem voucher. Artinya perlu tambahan modal. Namun modal tambahan ini sepadan dengan fitur dan kemudahan yang Anda dapatkan. Pengguna lebih senang karena kecepatan yang didapat lebih konsisten. 

Sistem ini memiliki fitur-fitur seperti tidak perlu mengganti password secara berkala, periode penggunaan yang dapat dikonfigurasi, dan kecepatan konstan bahkan ketika sibuk.

Selain itu, mikrotik mengatur manajemen bandwidth untuk mendistribusikan kecepatan secara merata berdasarkan prioritas, Anda dapat mencetak kupon, dan banyak manfaat lainnya. Hingga ratusan kupon sekaligus. Selain kelebihan, sistem voucher juga memiliki banyak kekurangan. 

Misalnya, Anda perlu membeli perangkat tambahan (router, WiFi AP), dan Anda akan memerlukan printer dan komputer untuk membuat dan mencetak voucher Anda. 

3. Mau Berusaha dan Belajar

Apapun pilihan Anda entah itu menggunakan sistem perubahan kata sandi atau menggunakan kupon, Anda harus mau belajar. Misalnya, sistem voucher mengharuskan Anda mempelajari cara mengatur router proxy dan titik akses. Sistem perubahan kata sandi, di sisi lain, relatif mudah dipelajari. Anda harus tahu cara mengubah kata sandi WiFi yang bisa dilakukan dari smartphone Anda.

 Idealnya, Anda harus sering mengubah kata sandi WiFi agar tetap aman meskipun kata sandi Anda bocor ke pengguna lain atau diretas oleh peretas. 

Dengan cara ini Anda dapat melakukan voucher perubahan kata sandi sistem atau WiFi dan melakukan semuanya sendiri tanpa harus membayar untuk layanan pengaturan hotspot. Namun, sistem kupon mengharuskan Anda mempelajari cara mengatur router proxy dan titik akses.

4. Kenali Pelanggan Anda

Hal penting lainnya ketka menjalankan bisnis ini adalah mengetahui dan mengenali pelanggan Anda. Ini akan membantu Anda menganalisis kemampuan Anda untuk menghasilkanbanyakn uang. Jika klien Anda adalah pelajar atau mahasiswa, misalnya, Anda dapat menetapkan biaya sewa sebesar Rp 5.000 per hari, karena klien jenis ini biasanya tidak memiliki penghasilan. 

Mengetahui daya beli pelanggan Anda akan membantu Anda memahami keinginan dan kebutuhan mereka yang lain. Sayang sekali jika hanya fokus pada penjualan WiFi, Anda dapat mencari kebutuhan lain yang terkait dengannya. Misalnya, Anda dapat menyajikan makanan ringan dan minuman untuk pelanggan mahasiswa, tetapi menyajikan kopi, makanan ringan, dan mie instan untuk anak muda. 

Anda juga bisa menjual produk lain seperti pulsa, kuota internet, dan produk fisik lainnya. Lakukan juga beberapa pengujian pasar untuk mengetahui produk mana yang lebih baik dan bisa Anda terapkan pada bisnis yang akan Anda jalankan ini.

Dapatkan juga informasi menarik lainnya pada sejumlah artikel berikut ini.

Baca juga:

Demikianlah informasi mengenai cara untuk memulai binsis voucher WiFi yang bisa Anda lakukan dengan mudah. Mengingat bisnis ini sangat menguntungkan, terlebih jika lingkungan di tempat tinggal Anda mendukung, maka tidak ada salahnya untuk Anda mencoba ide bisnis yang satu ini.

Penulis: Rizal

Related Posts

source : https://www.taupasar.com/2022/11/cara-memulai-bisnis-voucher-wifi.html

Leave A Reply

Your email address will not be published.