Seputar Tentang Kehidupan Keseharian

Cara Jualan Laptop Second Agar Mendapatkan Harga Terbaik

0

Halo Guys pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai Referensi Cara Jualan Laptop Second Agar Mendapatkan Harga Terbaik .

Cara jualan laptop second adalah hal yang gampang-gampang susah, karena kadang harganya menjadi jatuh jauh di bawah harga pasaran. Apalagi kalau kita adalah orang yang awam dengan harga jual beli laptop bekas, sementara yang beli jago menawar.

Cara Jualan Laptop

Padahal harga jual laptop second masih tergolong tinggi ketika kondisi laptop masih bagus. Tergantung pada merek, kekurangan maupun kelebihan masing-masing laptop bekas. Sehingga jangan sampai Anda menjual laptop bekas Anda dengan harga yang terlalu murah.

Cara Jualan Laptop Second dengan Harga Tinggi

Cara jualan laptop second dengan harga tinggi bukan saja menguntungkan dari sisi keuangan. Namun juga mengurangi rasa sedih akibat menjual benda kesayangan. Banyak sekali faktor yang mempengaruhi harga jual laptop second, contohnya seperti spesifikasi, harga pasaran dan faktor lainnya

Selama kondisi laptop normal, tidak ada kerusakan fisik dan masih segel atau belum pernah masuk service center. Maka Anda bisa menjualnya dengan harga yang cukup tinggi dengan cara melakukan usaha-usaha dibawah ini yang dapat meningkatkan nilai jual laptop bekas Anda.

1. Modifikasi Bagian Luar

Yang pertama, Anda harus memperhatikan penampilan luar laptop karena bagian ini adalah bagian yang pertama kali dilihat oleh pembeli. Saat melihat penampilan fisiknya bagus dan mulus maka dapat dilanjutkan dengan membahas berbagai hal mengenai laptop tersebut.

Biasanya saat melihat tampilan laptop yang buruk seperti tergores, kotor, usang, kebanyakan stiker dsb membuat pembeli menjadi enggan. Karena secara tidak langsung, penampilan suatu barang menggambarkan perilaku pemilik terhadap laptop tersebut.

Bersihkan noda-noda yang mengerak pada tombol keyboard, bersihkan juga layar dan pasangi dengan screen guard, dan pasangi juga pelindung keyboard agar lebih menarik. Kalau ada bekas stiker jangan lupa bersihkan sampai kinclong, beri warna yang kusam dengan menggunakan semir sepatu.

Yang tak kalah penting untuk diperhatikan adalah bersihkan juga pada bagian DVD ROMnya. Sehingga dengan melihat tampilan luarnya yang masih bagus, akan menarik minat pembeli karena mengira bahwa laptop tersebut masih bagus, jarang digunakan dan menarik

2. Menawarkan Ke Pemakai Bukan Reseller

Supaya mendapatkan harga jual yang cukup tinggi sebaiknya Anda menawarkan laptop tersebut ke calon pemakai. Jangan menawarkannya ke reseller karena mereka biasanya mempunyai prinsip membeli semurah murahnya dan menjualnya kembali semahal mungkin.

Sehingga ketika Anda menjual ke pihak reseller akan sulit untuk mendapatkan harga yang tinggi. Karena biasanya meskipun tampilan laptop bagus, mesin dan performa juga masih oke, reseller akan meminta harga yang murah.

Selain itu reseller biasanya akan mengatakan banyak kebohongan untuk menjatuhkan harga laptop Anda. Seperti model sudah lama, tipe yang langka di pasaran, kurang diminati, service centernya jauh dan lain sebagainya. Sehingga Anda tidak berkutik meskipun harganya menjadi hancur.

3. Install Ulang dengan Windows Versi Terbaru

Cara jualan laptop second berikutnya adalah dengan menginstall ulang sistem terlebih dahulu sebelum menjualnya. Kemudian juga memformat harddisk dengan tujuan meningkatkan performanya sebaik mungkin dimata pengguna. Jangan lupa juga membersihkan virus bandel yang melekat pada partisi dan bekerja secara otomatis melalui autorun

Pilihlah sistem operasi Windows 10 versi paling mutakhir, kalau budget sedang pas-pasan maka Anda dapat membeli lisensi Windows secara legal melalui E-commerce harganya tidak sampai 300 ribuan. Karena membeli di situs resmi microsoft harganya cukup mahal, sekitar 3 jutaan.  

Saat menginstal menginstall software-software dasar pilihlah ukuran yang minimal untuk mempertahankan performa laptop. Misalnya ketika membuka file PDF Anda tidak perlu menginstal nitro PDF atau Adobe Reader yang ukurannya ratusan MB, Anda dapat menginstal sumatrapdf yang hanya 3MB.

4. Memasang Sparepart Baru

Beberapa komponen pada laptop bekas biasanya juga tidak original bawaan laptop, misalnya seperti RAM, processor, keyboard dan sebagainya. Apalagi ketika laptop tersebut pernah masuk ke service center, maka segel akan dibuka.

Anda juga dapat mengatakan hal-hal yang baik namun kenyataan pada kondisi laptop, misalnya baterai baru ganti. Sehingga suplai sumber dayanya masih bagus saat digunakan bekerja di lapangan. Atau berbagai keunggulan dari laptop tersebut.

5. Berikan Aksesoris Sebagai Bonus

Aaat Anda membeli laptop biasanya memang hanya mendapatkan laptop dan charger bawaannya. Namun ketika membeli laptop yang sudah dilengkapi dengan sejumlah aksesoris akan membuat pembeli merasa membeli paket all in one dengan harga yang relatif terjangkau.

Aksesoris tersebut contohnya adalah seperti DVD eksternal, speaker eksternal, fan kipas tatakan meja, mouse , lap desk , headset dan sebagainya. Karena harga jual laptop bekas yang tinggi dapat tertutup oleh tambahan aksesoris yang sebenarnya tidak terlalu mahal.

Misalnya Anda dapat juga menambahkan aksesoris laptop seperti speaker eksternal yang kisaran harganya hanya sekitar 20-40 ribuan, atau mouse baru dengan harga  10-20 ribuan dsb. Anda tidak perlu merasa rugi, karena dengan cara jualan laptop second seperti ini Anda akan mendapatkan harga tinggi.

6. Memberikan Pelayanan Terbaik Kepada Pembeli

Sebagaimana pepatah mengatakan, pembeli adalah raja, sehingga pembeli akan merasa senang saat mendapatkan pelayanan ramah dan support dari penjual. Karena pembeli maupun penjual keduanya saling membutuhkan dan mencari satu sama lain.

Dengan memperlakukan pembeli dengan baik maka artinya Anda menghargai keberadaan mereka. Sehingga dampaknya obrolan mengenai keunggulan laptop dapat diterima dengan baik dan pikiran yang terbuka.

Berikan penjelasan yang detail mengenai spesifikasi laptop, keunggulan dan berbagai keterangan baik lainnya. Sehingga mereka akan dengan senang hati mempertibangkan untuk membeli laptop Anda karena menganggap penjual ramah dan kalau kedepannya ada masalah akan mudah dihubungi.

7. Format HDD

Jangan lupa format ulang harddisk pada setiap partisinya sehingga benar-benar bersih dari infeksi virus maupun data file rahasia. Biasanya data rahasia ini berupa “Master Password” yang tidak sengaja tersimpan oleh sistem dalam bentuk cache.

Karena Anda akan rugi saat pembeli laptop Anda adalah seorang hacker, yang akan mencoba menelusuri semua data tersembunyi hingga menggunakan software recovery untuk memulihkan data terhapus. Terbayang bukan kalau Anda pernah menyimpan file-file atau data penting rahasia Anda.

Sebaiknya Anda memformat penuh semua datanya dengan fitur penghapusan data yang tidak mungkin dapat dipulihkan kembali dengan software recovery apapun. Berhati-hatilah ketika menjual laptop bekas,  terutama ketika anda sering menyimpan data login akun kedalam sebuah file Master password.

Saat pembeli menjalankan software recovery dan berhasil memulihkan file master password dari berkas cache. Dan dapat login melalui aplikasi m banking melalui nomor ATM dan PIN yang tertulis disana maka mereka dapat menguras habis isi rekening Anda.

8. Promosikan Secara Online Maupun Offline

Saat ada pembeli yang menawar dengan harga yang sangat rendah jangan sedih, Anda dapat mencoba menawarkannya dengan cara lain. Tawarkan laptop bekas Anda secara online maupun offline, dengan target utama pemakai dan bukan reseller.

Promosi online ini dapat dilakukan melalui media sosial atau marketplace, sementara promosi offline bisa memanfaatkan dari mulut ke mulut. Jangan buru-buru tunggulah sampai mendapatkan pembeli idaman yang membeli laptop Anda dengan harga yang sepadan.

Untuk mendapatkan informasi tambahan, simak sejumlah artikel menarik berikut ini.

Baca juga:

Itulah beberapa cara jualan laptop second yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan harga yang terbaik. Karena sangat sayang kalau laptop yang dibeli dengan harga mahal ketika dijual harganya menjadi tidak seberapa. Selamat Mencoba!

Penulis: Rien Milansi

Related Posts

source : https://www.taupasar.com/2022/09/cara-jualan-laptop-second.html

Leave A Reply

Your email address will not be published.