Seputar Tentang Kehidupan Keseharian

8 Cara Mengembangkan Usaha Gamis Mudah dan Menguntungkan

0

Halo Guys pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai 8 Cara Mengembangkan Usaha Gamis Mudah dan Menguntungkan .

Fashion merupakan salah satu bidang usaha yang sangat berkembang di Indonesia. Apalagi jika kamu membuka bisnis pakaian yang telah mencatat pertumbuhan produksi yang sangat tinggi.

Cara Mengembangkan Usaha

Usaha fashion ini termasuk kebutuhan pokok, sehingga bisa bertahan lama karena selalu dicari oleh banyak orang. Selain memiliki banyak peminat dan produk yang tidak lekang oleh waktu, usaha ini juga menjadi media dengan penjualan yang banyak.

Salah satu model pakaian yang sedang trendy adalah usaha busana muslim, yaitu gamis. Belakangan ini gamis sedang banyak digandrungi oleh khalayak, baik itu di usia muda hingga tua.

Usaha gamis saat ini menjadi primadona, karena memiliki pemintaan pasar yang tinggi. Apalagi menjelang datangnya bulan Ramdahan dan lebaran.

Mengembangkan sebuah bisnis memang menjadi tantangan tersendiri, maka dari itu untuk kamu yang ingin terjun di bidang gamis ini tidak perlu khawatir. Karena pada kali ini kamu akan membahas mengenai Cara Mengembangkan Usaha Gamis, penasarankan? Yuk simak penjelasannya.

Cara Mengembangkan Usaha Gamis

1. Perluas Target Bisnis

Cara efektif untuk mengembangkan usaha kamu agar bisa mendapatkan untung yang besar adalah dengan memperluas target pasar. Kamu perlu melakukan riset, agar bisa menentukan targetnya.

Selain itu, cari tahu informasi kompetitor di sekitar kamu dan cermati kodisinya bagaimana peluang yang akan dihadapi nanti. Cara ini sangat penting karena kamu bisa antisipasi terhadap resiko yang ditanggung saat kamu menjalaninya.

2. Kerjasama dengan Influencer

Agar usaha gamis kamu bisa dikenal oleh banyak orang maka kerjasama dengan influencer bisa menjadi pilihan. Kecepatan promosi melalui media sosial memiliki dampak yang sangat besar apalagi dibidang fashion.

Menggunakan cara endorse dari influencer ini terbilang mudah, kamu hanya perlu mengirimkan beberapa sample gamis yang akan dipasarkan. Kemudian influencer akan memperkenalkan gamis kamu di media sosialnya yang notabene memiliki jumlah pengikut banyak.

Beberapa influencer ada yang menetapkan tarif penggunaan jasa, kamu bisa menggunakan jasa influencer kecil dulu yang tidak memiliki tarif yang mahal.

3. Mengikuti Perkembangan Trend

Zaman sekarang pelaku usaha fashion harus bisa beradaptasi dan mengikuti trend untuk melahirkan model yang kekinian. Maka dari itu berkompromi dengan selera pasar bisa mempertahankan dan mengembangkan usaha gamis kamu.

Usahakan agar kamu terus siap menghadapi perubahan dengan mengikuti trend pasar, sembari memperbaiki usaha yang sedang kamu jalani.

4. Manfatkan Kecanggihan Teknologi

Memanfaatkan teknologi merupakan Cara Mengembangkan Usaha Gamis kamu, kamu bisa menggunakan media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, TikTok, dan media yang lain yang bisa mendukung promosi usaha kamu.

Selain media sosial, manfaatkan juga E-Commerce yang merupakan tempat belanja online yang sudah menjadi favorit semua kalangan. Seperti Tokopedia, Lazada, Shopee, dan lainnya. Menggunakan E-Commerce bisa menjangaku pelanggan lebih besar.

Cantumkan foto atau video gamis yang apik dan menarik, lengkapi juga dengan deskripsi yang jelas. Jangan lupa layani calon pembeli saat bertanya dengan ramah.

5. Tunjukkan Keunikan dari Usaha Kamu

Membangun sebuah karakter dalam brand atau merk terbilang sulit. Namun, tidak ada salahnya kamu menentukan satu hal yang menjadi pembeda antara usaha produk kamu dengan usaha lain dengan produk yang sama.

Buat diferensiasi yang kamu sampaikan melalui usaha ini. Keunikan usaha gamis bisa diletakkan pada kualitas barang, packaging, foto produk, dan harga bersaing.

6. Jangan Malas Berinovasi

Bisa mengetahui kebutuhan pasar menjadi kemampuan yang harus dimiliki oleh pengusaha. Sehingga kamu bisa mengetahui trend kekinian yang sedang digandrungi oleh khalayak.

Apabila kamu kesusahan mencari ide untuk berinovasi, kamu bisa mengikuti media sosial para desainer baju muslim Indonesia. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan inspirasi dari model gamis yang mereka jual.

Inovasi pada produk bisa meningkatkan unique selling product, sehingga calon pembeli tertarik untuk memborong usaha gamis yang kamu jalani.

7. Berikan Bonus, Diskon, atau Promo Spesial

Memberikan bonus, diskon, atau promo spesial selalu efektif terhadap Cara Mengembangkan Usaha Gamis. Karena hal ini bisa membuat para pembeli tertarik dan rela mengeluarkan duit untuk membeli usaha yang kamu jual.

Meskipun hadiah yang kamu tawarkan kecil, hal itu malah membuat pelanggan kamu merasa di istimewakan. Kamu juga bisa memberikan diskon besar tapi yang masih masuk akal.

Bentuknya beragam, kamu bisa memilih buy 1 get 1 atau buy 2 get 1. Menggunakan cara ini cukup mudah mempengaruhi pembeli dalam membandingkan dengan usaha lain jika kamu memasang harga yang normal.

8. Sabar dan Pantang Menyerah

Menjalankan sebuah bisnis harus membutuhkan kesabaran dan tidak mudah putus asa, karena menjalankan usaha gamis tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Selalu mengalami perubahan tren yang cepat, tingkat repeat ordernya kecil, dan terdapat banyak competitor harus siap kamu hadapi. 

Maka dari itu, melalui semua proses itu perlu perjuangan serta kesabaran yang kuat. Hadapi setiap rintangan untuk menuju kesuksesan tanpa menyerah, sehingga kamu bisa menikmati semua jerih payah tersebut dengan perasaan bangga.

Kenali 5 Dimensi Kepuasan Konsumen

Pembeli adalah raja, istilah ini selalu diprioritaskan oleh semua pelaku usaha. Keberadaan konsumen yang memang menentukan lanjut atau tidaknya usaha yang kamu bangun.

Tidak heran mereka mengeluarkan semua jurus pelayanan terbaik agar pelanggan puas dan selalu menggunakan produk tersebut dalam jangka waktu lama.

Maka dari itu  kenali 5 dimensi kepuasan konsumen berikut ini.

1. Tangibles

Mereka puas hanya dalam bentuk nyata atau fisik produk dan layanan kamu. Seperti memiliki packaging yang menarik dan keren, memiliki kupon voucher belanja, dan ada thanks card.

2. Reliability

Konsumen akan merasa puas apabila memiliki hal yang lebih abstrak. Contohnya mendapatkan layanan ramah, cepan respon, serta pengiriman yang cepat.

3. Responsiveness

Konsumen merasa puas apabila permasalahan yang mereka hadapi terhadap produk ditanggapi dengan cepat. Seperti, konsumen membeli gamis seragam untuk keluarga namun galau dalam memilih warna yang bagus.

Disaat kamu menjawab keraguannya dengan memberi saran maka konsumen akan merasa puas dan akan mencoba untuk membeli ke tempat kamu kembali.

4. Assurance

Memiliki layanan terbaik memang bisa memuaskan konsumen, namun memiliki asuransi terhadap produk yang kamu jual menjadi poin plus. Seperti garansi jika barang yang diterima rusak, selain itu garansi terhadap masalah model atau warna yang tidak sesuai dengan foto yang dipajang.

5. Empathy

Konsumen merasa puas ketika diperhatikan. Contohnya kosumen memposting story saat anaknya sedang sakit  dan kamu merespon story tersebut dengan ucapan menyejukkan serta doa.

Untuk dapat membuat kamu mendapatkan informasi menarik lainnya, simak sejumlah artikel tambahan berikut ini.

Baca juga:

Demikian informasi mengenai Cara Mengembangkan Usaha Gamis. Semoga informasi yang kami sampaikan bermanfaat dan bisa membantu kamu dalam mengembangkan usaha busana gamis. Semangat dan sukses selalu.

Penulis: Putri Geo

Related Posts

source : https://www.taupasar.com/2022/05/cara-mengembangkan-usaha-gamis.html

Leave A Reply

Your email address will not be published.