Seputar Tentang Kehidupan Keseharian

7 Contoh Usaha Ramah Lingkungan Paling Dibutuhkan Saat Ini

0

Halo Guys pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai Referensi 7 Contoh Usaha Ramah Lingkungan Paling Dibutuhkan Saat Ini .

Usaha ramah lingkungan tidak hanya memunculkan suatu produk, tetapi juga menunjukkan sikap peduli terhadap lingkungan. Selain itu, usaha ini juga tidak akan cepat basi dan terbilang minim persaingan. Contoh usaha ramah lingkungan apa saja sih yang bisa dicoba dan memiliki prospek yang cukup besar? Pada artikel ini, kami akan membahasnya.

Usaha Ramah Lingkungan

Keunggulan dari usaha ramah lingkungan lainnya karena saat ini sudah banyak konsumen yang lebih selektif memilih produk yang ramah lingkungan. 

Dikutip dari laman kemenperin.go.id, bahwasannya pemerintah mendorong perusahaan untuk menciptakan produk ramah lingkungan karena memiliki daya saing dan juga diminati pasar. Oleh sebab itu, sebagai seorang pebisnis tidak ada salahnya mencoba peluang jenis usaha ramah lingkungan berikut ini.

7 Contoh Usaha Ramah Lingkungan Paling Dibutuhkan

Berikut beberapa contoh usaha ramah lingkungan paling dibutuhkan, mudah dan bermanfaat bagi sekitar:

1. Usaha Sayuran Organik

usaha satu ini mungkin sudah banyak yang memulainya, walaupun begitu peminatnya pun semakin bertambah karena orang-orang mulai sadar pentingnya makanan yang sehat. 

Untuk mulai bisnis ini, cukup menggunakan lahan seadanya dulu di rumah dan mulai membudidayakan beberapa sayuran secara kovensional. Apabila sudah siap panen, Anda bisa mulai dulu menjualnya ke tetangga terdekat, atau melakukan penjulan online. Jika serius menekuninya, bukan tidak mungkin usaha sayuran organik yang Anda miliki bisa laku setiap hari.

2. Menjual Beeswax Wrap

Beeswax wrap merupakan kain yang di infused menggunakan campuran lilin lebah atau beeswax. Dibanding pembungkus makanan menggunakan plastik, beeswax wrap bisa Anda gunakan berulang kali selama satu tahun.

Jenis makanan yang dapat dibungkus menggunakan beeswax wrap seperti sayur, buah, roti, keju, sampai gorengan. Menariknya lagi, buah-buahann yang ditutupi menggunakan wrap ini bertahan sangat oke walaupun telah membukusnya sampai 10 hari.

3. Sikat Gigi Ramah Lingkungan

Kebanyakan sikat gigi yang ada di pasaran terbuat dari plastik sehingga saat dibuang tidak bisa terurai dengan baik.

Hal ini dapat menjadi salah satu peluang untuk produk usaha yang akan Anda jalankan. Apalagi penggunaan sikat gigi ini rutin diganti, sehingga putaran penjualan produknya terbilang lebih cepat dibanding produk lainnya.

4. Usaha Tas Ramah Lingkungan

Salah satu jenis tas yang bisanya ramah lingkungan yaitu tas belanja atau goody bag. Saat ini, sudah banyak supermarket atau minimarket yang menerapkan aturan tanpa kresek.

Pada salah satunya  Peraturan Wali Kota nomor 16 Tahun 2022 tentang pengurangan penggunaan plastik di Kota Surabaya. Oleh sebab itu, salah satu solusinya masyarakat menggunakan tas belanja ramah lingkungan yang dapat digunakan sampai beberapa kali.

5. Menjual Sabun dan Sampo yang Tidak Mengandung Bahan Kimia

Contoh usaha ramah lingkungan lainnya dengan menjual sabun dan sampo yang tidak mengandung bahan kimia. Dengan cara ini Anda juga dapat menyelamatkan lingkungan dan juga aman bagi tubuh.

Sebagai alasan lain mengalihan penggunan sabun mandi berbahan kimia ke herbal juga untuk kesehatan kulit. Sabun berbahan kimia biasanya menggandung deterjen yang memiliki resiko lebih tinggi merusak kulit. 

6. Penyewaan Sepeda

Sepeda merupakan alat transportasi yang ramah lingkungan karena minim polusi. Selain itu, sepeda juga dapat menjadi alat untuk berolahraga. Tidak sedikit perusahaan yang mengadakan kegiatan bersepeda seperti fun bike untuk meningkatkan minat pada karyawan untuk berolahraga dengan sepeda.

Jika Anda memiliki modal yang cukup besar untuk usaha penyewaan sepeda rasanya patut dicoba apalagi jika lokasi tempat penyewaannya mendukung seperti berada di tempat wisata, atau alun-alun kota.

7. Toko Online Barang Bekas

Jika memiliki banyak benda di rumah yang sudah tidak terpakai namun masih layak pakai, Anda dapat menjualnya secara online. 

Anda bisa menjual sepatu, baju atau tas dengan harga yang lebih murah dari harga aslinya. Ini sudah tentu membeukan keuntungan daripada barang menumpuk tidak terpakai dan menjadi sampah.

Simak juga sejumlah informasi menarik lainnya berikut ini.

Baca juga:

Contoh usaha ramah lingkungan di atas dapat Anda jadikan referensi. Dengan mengelolaan yang baik, Anda tidak hanya mendapatkan untung tetapi juga membantu mengurangi kerusakan lingkungan.

Penulis: Erisa Agustira

Related Posts

source : https://www.taupasar.com/2022/12/contoh-usaha-ramah-lingkungan.html

Leave A Reply

Your email address will not be published.