Seputar Tentang Kehidupan Keseharian

7 Cara Promosi Toko Sembako Supaya Lebih Banyak Menggaet Pelanggan dan Laku Keras

0

Halo Guys pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai Referensi 7 Cara Promosi Toko Sembako Supaya Lebih Banyak Menggaet Pelanggan dan Laku Keras .

Menjadi wirausahawan siapa saja bisa melakukannya, apalagi ada banyak jenis bisnis yang dapat kamu pilih sebagai pundi-pundi penghasil uang.

Cara Promosi Toko Sembako

Salah satu bisnis yang tidak kalah eksisnya bahkan tidak pernah lekang oleh waktu adalah bisnis warung sembako, tahukah kamu bahwa bisnis sembako ini tidak pernah surut pembeli sehingga hal inilah yang membuatnya selalu eksis.

Alasan utama kenapa bisnis ini tidak lekang oleh waktu, karena merupakan bahan utama yang sangat dibutuhkan oleh banyak orang dalam kehidupannya sehari-hari. Melihat peluang yang tidak pernah turun peminat ini pastinya jangan dianggap sebelah mata, karena bisa dapat keuntungan yang cukup besar. Terlebih lagi modal yang diperlukan tidak terlalu mahal. 

Lantas jika kamu berminat buka usaha ini, perlu mengetahui tips dan triknya supaya warung sembako kamu tidak sepi peminat dan selalu dikerubungi oleh banyak pelanggan. Berikut ini kami akan membahas 7 cara promosi sembako supaya bisa menggaet banyak pelanggan.

7 Cara Promosi Sembako

1. Promosi dari Mulut ke Mulut

Pertama cara promosi sembako dari mulut ke mulut memang terbilang klasik, tapi jangan salah meskipun terlihat sederhana namun cara ini sangat manjur membuat bisnis kita bisa semakin dikenal oleh banyak orang.

Apalagi jika kamu membuka warung sembako di sekitar pemukiman masyarakat, bisa dibilang strategi ini sangat pas jika dilakukan dengan cara promosi hanya dari mulut ke mulut. Jadi tidak ada salahnya jika kamu memberikan pengumuman kepada masyarakat sekitar tentang warung sembako kamu yang bisa menyediakan berbagai kebutuhan pokok mereka.

2. Menggunakan Media Sosial

Zaman semakin modern sehingga kita juga perlu upgrade agar bisa mengikuti perkembangan zaman, misalnya saja menggunakan promosi online dengan media sosial yang kini banyak digunakan masyarakat.

Misalnya saja Facebook, meskipun hanya bisnis sembako. Tetapi tidak ada salahnya menggunakan Facebook pilihan melakukan promosi. Kamu juga bisa memanfaatkan WhatsApp juga, dengan lakukan promosi pada story maupun kirim pesan broadcast kepada orang-orang yang kamu kenal. Bisa dibilang cara promosi sembako cukup efektif.

Meskipun terkesan cukup jarang dilakukan, tetapi bisa saja dengan menggunakan cara ini kamu justru mendapatkan keuntungan. Apalagi jika sembako yang kamu jual cenderung lebih lengkap dibanding dengan yang lainnya.

3. Pasang Spanduk

Memasang spanduk yang jelas juga menjadi salah satu cara promosi sembako agar bisa menggaet banyak pelanggan dan bisa laku keras, tapi ingat kamu tidak boleh pasang spanduk sembarangan.

Membuat spanduk yang jelas maksudnya, bisa mendeskripsikan toko sembako kamu dengan rincian yang lengkap. Membuat spanduk sebaiknya berisi nama kamu, barang apa saja yang tersedia, dan nomor kontak yang bisa dihubungi.

Kalau bisa cobalah kamu pilih nama toko yang unik sehingga orang mudah mengingat toko sembako kamu, cara ini cukup ampuh membuat calon pelanggan penasaran sehingga pilih berkunjung ke toko sembako milik kamu.

Lebih bagus lagi jika kamu ada bekerja sama dengan brand terkenal, seperti Lotte Grosir yang membuat toko kamu menjadi lebih terpercaya karena bersanding dengan brand yang sudah dikenal masyarakat.

4. Memberikan Diskon dan Promo Menarik

Apapun usaha yang kamu geluti, jika ada diskon dan promosi yang menarik pastinya bisa mengundang pelanggan untuk membeli produk usaha kamu. Maka dari itu, strategi ini termasuk cara promosi sembako yang tepat. 

Meskipun memerlukan budget, akan tetapi dampak dari strategi ini bisa memajukan bisnis sembako kamu. Kamu bisa menarik konsumen potensial untuk membeli bahan sembako yang kamu yang berkualitas dan lengkap.

Selain memberikan diskon dan promo yang menarik, adanya pelayanan yang ramah dengan harga yang bersahabat bisa menjadi trik agar pelanggan datang kembali ke toko sembako kamu tanpa adanya paksaan.

5. Menyediakan Jasa Antar Jemput

Selanjutnya cara promosi warung yang dapat kamu lakukan adalah menyediakan fasilitas antar jemput pesanan. Zaman sekarang orang-orang lebih memilih cara yang praktis, sehingga mereka lebih pilih cara instan untuk berbelanja seperti sistem di marketplace.

Meskipun hanya toko sembako, kamu juga bisa menerapkan sistem tersebut dan menciptakannya dengan cara sendiri sehingga usaha kamu bisa menggaet banyak pelanggan dan tidak bakal tersingkirkan oleh marketplace.

Seperti menggunakan layanan antar jemput pesanan dengan jumlah belanja tertentu kepada pelanggan. Cara ini tentu saja bisa meningkatkan penjualan sembako kamu, karena fasilitas ini memang sangat dibutuhkan oleh konsumen. Adanya fasilitas antar jemput pesanan, kamu bisa mematok tarif tertentu.

6. Memberikan Pelayanan Terbaik

Meskipun jenis usaha ini terbilang kecil, tapi jangan sampai kamu memberikan pelayanan ke pelanggan ala kadarnya. Kamu harus beri pelayanan maksimal sehingga pelanggan merasa nyaman berbelanja kepada kamu. 

Coba kamu bayangkan jika pembeli berbelanja di warung sembako kamu, terus kamu memberikan pelayanan cuek dengan wajah muram dan tidak ada senyum pastinya mereka lebih memilih pergi dan mencari tempat lain dibanding toko kamu yang terlihat suram dan angker.

Maka dari itu, ingatlah untuk selalu memberikan pelayanan terbaik kamu dalam menjalankan apapun itu usahanya termasuk bisnis sembako dengan ramah serta senyum yang ceria. Di samping itu, kamu juga wajib memakai tutur bahasa yang ramah dan baik.

7. Perhatikan Strategi Pesaing atau Kompetitor

Selain fokus pada cara promosi sembako, kamu juga harus sesekali perlu melihat seperti apa strategi yang digunakan oleh kompetitor. Karena usaha kamu dengan kompetitor memiliki pasaran yang sama, sehingga perlu melihat strategi yang digunakan untuk membuat produknya laku keras di pasaran.

Bukan berarti kamu meniru cara pemasaran mereka, kamu hanya mempelajari bagaimana kompetitor memasarkan produknya sehingga bisa laris manis. Kemudian memodifikasi poin yang membuat konsumen tertarik dengan metode kamu sendiri.

Jika kompetitor menggunakan strategi memberikan diskon untuk pelanggan dengan kupon setelah berbelanja minimal 3 kali agar bisa menarik konsumen. Maka poinnya disini adalah konsumen rela berbelanja 3 kali supaya bisa mendapatkan diskon. Sehingga cara tersebut bisa kamu manfaatkan untuk meningkatkan penjualan.

Bisa mengetahui kebiasaan konsumen, dapat membuat strategi pemasaran dengan kreativitas sesuai dengan poin di atas. Di mana konsumen rela menukar usaha mereka untuk mendapatkan diskon tertentu. 

Maka dari itu, kamu bisa membuat diskon dengan syarat membeli pada nominal tertentu, atau diskon dengan membeli produk tertentu dan lain-lain sesuai dengan kreativitas kamu sendiri.

Demikian pembahasan tentang 7 cara promosi sembako supaya bisa menggaet pelanggan dan bisa laku keras di pasaran yang bisa jadi referensi usaha kamu. Untuk mewujudkannya, pastikan kamu harus konsisten dan keberlanjutan dalam melakukannya. 

Anda juga bisa mendapatkan informasi tambahan pada sejumlah artikel berikut ini.

Baca juga:

Jika kamu mengalami kegagalan, maka jangan menyerah begitu saja. Coba cara lainnya sehingga kamu bisa menemukan kesuksesan itu sendiri. Semangat dan selamat mencoba!

Related Posts

source : https://www.taupasar.com/2022/10/cara-promosi-toko-sembako.html

Leave A Reply

Your email address will not be published.