Seputar Tentang Kehidupan Keseharian

7 Cara Mengembangkan Usaha Kaki Lima Agar Cepat Laku

0

Halo Guys pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai Referensi 7 Cara Mengembangkan Usaha Kaki Lima Agar Cepat Laku .

Bagi masyarakat Indonesia mungkin sudah tidak asing lagi dengan yang namanya kaki lima. 

Usaha rakyat satu ini memang sangat terkenal di seluruh nusantara dan peminatnya selalu ramai

Hal ini dikarenakan, harganya yang murah dan rasanya juga tidak kalah dengan makanan restoran bintang lima. 

Cara Mengembangkan Usaha Kaki Lima

Makanya, jangan coba meremehkan dan menganggap sebelah mata untuk wisata kuliner ini.

Usaha kaki lima ini sangat menjanjikan, jadi jangan heran jika usaha ini dijadikan sebagai mata pencaharian.

Biasanya mereka lebih memilih mendagangkan menu-menu yang memiliki bumbu rahasia sendiri itu. Dengan begitu, menjadi ciri khas mereka sendiri karena memiliki cita rasa yang berbeda dengan usaha kaki lima lainnya.

Perlu diketahui, berdasarkan keterangan balai badan penelitian dan pengembangan UKM.

Disitu menyebutkan bahwa penghasilan pelaku usaha di bidang kuliner kaki lima rata-rata kini berada di atas upah minimum regional (UMR).

Selain itu, kelebihan yang didapat dari usaha kaki lima ini karena tidak bermodalkan yang besar.

Sehingga kamu cukup memiliki ketekunan,kesabaran dan kreatifitas yang tinggi.

Buat kamu yang kini sedang kepikiran untuk menjadi pedagang kaki lima, jangan asal terjun dulu. Kamu harus pelajari dan mengetahui cara mengembangkan usaha kaki lima agar cepat laku dan pastinya tidak sepi pengunjung. Berikut ini pembahasan mengenai 7 cara mengenbangkan usaha kaki lima, yang harus kamu ketahui.

7 Cara Mengembangkan Usaha Kaki Lima

1. Pilih Lokasi Tempat yang Strategi

Meskipun pedagang kaki lima tapi tidak semua tempat di pinggir jalan raya, bisa dijadikan sebagai lokasi jualan. Kamu harus tahu terlebih dahulu tempat mana yang boleh dan tidak untuk pedagang kaki lima.

Dengan menerapkan hal ini, pastinya tidak mengganggu ketentraman masyarakat saat menggunakan jalan raya. Kamu juga jangan asal bikin tempat jualan yang mewah dan besar, karena cara mengembangkan usaha kaki lima itu.

Dengan mementingkan kenyamanan calon pembeli, seperti tidak dekat dengan saluran air kotor, tempat pembuangan sampah, dan lain sebagainya. Tidak hanya itu saja, kebersihan dan kerapihan pelayanan atau penjual perlu diperhatikan juga.

Jangan lupa untuk membuat tampilan tempat yang menarik agar bisa menggaet banyak pelanggan. Bisa dimulai dari bentuk tenda, tempat masak, gerobak, dan lain sebagainya sehingga pelanggan tidak merasa jenuh saat berada di tempat dagang kamu. 

Agar memiliki daya tarik tersendiri bagi calon konsumen, cobalah untuk menentukan tempat buat mereka.Tidak ada salahnya juga untuk menggunakan semboyan “tempat kaki lima tampilan bintang lima”.

2. Menentukan Harga Jual

Salah satu ciri usaha kaki lima adalah harganya yang murah, pastikan harga jual dagangan kamu bersaing dengan penjual lainnya. Hampir semua usaha kaki lima bidang kuliner memiliki banyak pesaing, dan harga menjadi salah satu faktornya.

Jadi, jangan heran kamu akan melihat pedagang kaki lima yang berusaha memenangkan persaingan ini. Agar tidak perlu pelanggan bertanya-tanya, alangkah baiknya mencantumkan harga di daftar menu. Dengan begitu, mereka tidak akan ragu dan memastikan untuk membeli produk kamu di dagangan kaki lima.

3. Promosi di Media Sosial

Memasuki era digital yang canggih, membuat kamu akan semakin mudah memperkenalkan usaha kaki lima. Mempromosikan di media sosial juga termasuk dalam cara mengembangkan usaha kaki lima yang efektif.

Kamu bisa memulainya dengan membuat postingan di Facebook, Twitter, Instagram, bahkan TikTok. Cara ini cukup efektif untuk memperkenalkan usaha kamu agar semakin luas dikenal. Pastinya bisa membuat dagangan kamu cepat laku dan bisa mendapatkan keuntungan yang besar.

4. Hitung Untung dan Rugi dengan Tepat

Jangan lupa untuk selalu memantau keuangan warung tenda kamu di setiap harinya. 

Maka dari itu, buatlah catatan yang berisi rincian pemasukan dan pengeluaran yang Kamu lakukan per periodenya. 

Hal ini pastinya digunakan sebagai bentuk cerminan penjualan kamu selama per periodenya.

Sehingga periode ini kamu akan membuat kedepannya bisa mengolah dengan lebih bijaksana lagi.

Meskipun hanya catatan sederhana, namun hal ini sangat penting khususnya bagi pengusaha. 

Adanya catatan keuangan ini bisa digunakan untuk mengetahui jumlah modal, biaya operasional sehari, dan keluar masuknya biaya.

Selain itu, catatan keuangan berfungsi sebagai kontrol atau mengetahui kepastian keuntungan yang dapat dan kerugian yang didapat. Sehingga kamu bisa mengetahui cara untuk menyisihkan uang untuk pribadi dan digunakan untuk mengembangkan usaha.

Ingat, lokasi yang baik itu selalu ramai pengunjung, ada tempat parkir, serta lingkungannya bersih., Selain itu, perhatikan juga bentuk gerobak yang menarik dan kebersihan harus terjaga kemudian selalu dilintasi ramai.

5. Meningkatkan Mutu Pelayanan

Meskipun kamu sebagai pedagang kaki lima, pelayanan yang diberikan kepada pelanggan harus profesional. Dengan memberikan pelayanan terbaik kamu, pastinya menjadi cara mengembangkan usaha kaki lima agar cepat laku dan laris manis.

Ingat, jangan biarkan pembeli kamu menunggu pesanan terlalu lama. Dan prioritaskan pembeli yang datang awal. Selain itu, selalu bersikap ramah juga akan pembeli kamu merasa puas dan dihargai. 

Apabila kamu punya karyawan, tidak ada salahnya memberikan pelatihan secara teknis hingga cara melayani agar bisa bekerja sesuai peraturan. Cara ini pastinya memberikan keuntungan terhadap usaha kamu, seperti merk usaha kamu semakin dikenal.

Jangan hindari kritikan dari konsumen, sikapi hal itu dengan pandangan positif. Selesaikan kritikan tersebut dengan 3M yaitu merasakan kekecewaan pelanggan kamu. 

Kemudian, mengakui kesalahan yang diperbuat, dan meminta maaf atas situasi yang telah terjadi. Bersikap loyal dan bersahabat dengan pelanggan akan memberikan kepuasan tersendiri, sehingga mereka akan datang lagi.

6. Memiliki Produk Andalan

Cara mengembangkan usaha kaki lima agar semakin dikenal luas masyarakat hingga cepat laku.

Pastikan memiliki menu andalan dalam usaha kaki lima yang kamu jalani, terutama varian menu menarik.

Sebagian ada membuat nama usaha mereka berasal dari menu andalan, sehingga membuat khalayak semakin mudah mengingat merk usaha kamu. Makanya, jika ingin sukses dalam usaha ini, kamu harus membuat menu yang unik, menarik, dan mampu menonjolkan ciri khasnya.

7. Kreatif dan Tekun

Tips lainnya untuk cara mengembangkan usaha kaki lima dengan bekerja keras serta berpikir cerdas, kreatif, dan inovatif. Kamu perlu menggali kreativitas dan menemukan inovasi untuk perkembangan usaha kaki lima yang dirintis.

Kamu bisa menjaganya dari semua aspek seperti, produk, harga, pelayanan, serta pengelolaan karyawan. Dengan begitu, kamu bisa memberikan yang terbaik untuk pelanggan kamu. Mereka pun akan merasa puas atas totalitas layanan yang diberikan.

Simak juga sejumlah informasi menarik lainnya berikut ini.

Baca juga:

Demikian, pembahasan mengenai 7 cara mengembangkan usaha kaki lima agar cepat laku dan banyak menggaet pelanggan. Semoga adanya informasi ini bisa menjadi referensi untuk kamu yang tengah menjalankan usaha kaki lima, untuk mengembangkannya. Semoga berhasil!

Related Posts

source : https://www.taupasar.com/2023/01/cara-mengembangkan-usaha-kaki-lima-agar.html

Leave A Reply

Your email address will not be published.