Seputar Tentang Kehidupan Keseharian

7 Cara Mengelola Keuangan Usaha Paling Efektif dan Cocok Untuk Pemula

0

Halo Guys pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai Referensi 7 Cara Mengelola Keuangan Usaha Paling Efektif dan Cocok Untuk Pemula .

Menjalani sebuah usaha, cara mengelola keuangan usaha menjadi menjadi kunci utama sukses atau tidaknya usaha yang kamu rintis.

Cara Mengelola Keuangan

Maka dari itu, baik itu bagi pemula atau yang telah lama berkecimpung menjadi pengusaha mencari tahu cara mengelola keuangan usaha.

Namun, tidak semua cara itu dapat efektif untuk kamu terapkan. Sehingga memerlukan pemahaman dan ketelitian agar kamu memahami cara mengelola keuangan usaha. Kebetulan kali ini kami akan membahas mengenai 7 cara mengelola keuangan usaha paling efektif dan sangat cocok bagi pemula yang baru saja ingin buka usaha.

Cara Mengelola Keuangan Usaha

1. Catat Setiap Pengeluaran

Umumnya langkah pertama cara mengelola keuangan usaha yang harus kamu lakukan sebagai pemula adalah mencatat semua pengeluaran keuangan usaha tanpa ketinggalan satu pun. Kamu wajib mencatat apa saja biaya pengeluaran secara detail dan lengkap, bagaimana caranya? kamu bisa melacaknya dari setiap transaksi yang terjadi seperti dari kwitansi atau faktur pembayaran.

Dari situlah kamu akan tahu seberapa besar biaya pengeluaran usaha kamu, tujuan utama dari mencatat pengeluaran keuangan kamu agar tidak terjadi selisih angka. Sehingga sangat penting bagi sebuah bisnis untuk menyimpan setiap dokumen bukti transaksi, jika terjadi selisih angka secepatnya kamu bisa mengetahui setiap pergerakan keuangan usaha.

2. Buat Perencanaan General

Bagi pemula yang baru terjun sebagai pengusaha apalagi jenis usaha yang dijalankan skala kecil, tidak ada salahnya dengan melakukan perencanaan general pada usaha yang kamu rintis. Apa saja jenis program serta rencana usaha kamu dalam satu periode panjang, bagilah perencanaan tersebut dalam beberapa periode pendek seperti triwulan, bulanan, bahkan mingguan.

Ingat lakukanlah perhitungannya secara detail mengenai kebutuhan dana untuk menjalankan program tersebut, selain itu tentukan pula kapan program tersebut dijalankan.

3. Pisahkan Uang Pribadi dengan Uang Usaha

Cara mengelola keuangan usaha selanjutnya adalah memisahkan uang pribadi dengan usaha atau bisnis kamu, kebiasaan mencampurkan uang pribadi dan bisnis ini sudah termasuk kesalahan fatal. Makanya saat ingin memulai usaha, sudah sewajarnya kamu menyiapkan rekening terpisah sebagai dasar dari cara mengelola keuangan usaha dengan benar. 

Adanya rekening tersebut difungsikan sebagai tempat keluar masuknya dana usaha kamu, sehingga penggunaannya lebih optimal dan tidak terganggu oleh keperluan pribadi.

4. Awasi Arus Kas Usaha Kamu

Menjalankan suatu bisnis perlu mengawasi setiap pergerakan keuangan bisnis pun perlu dilakukan, karena berkaitan arus kas keuangan usaha berhubungan juga dengan masuk keluarnya uang usaha.

Untuk mengawasi pergerakan keuangan ini tidak semudah membalikkan telapak tangan, karena membutuhkan ketelitian tingkat tinggi dalam mengontrol arus kas.

Jika bingung, kamu bisa meminta bantuan administrator sehingga pengawasan arus kas serta menetapkan prosedur keuangan berjalan baik.

Mengatur keuangan usaha lebih mudah dilakukan secara otomatis, jadi kamu dapat menggunakan aplikasi pembukuan terbaik agar lebih akurat dan efektif.

5. Buat Budget Secara Rutin

Cara mengelola keuangan usaha yang sangat penting adalah dengan membuat budgeting. Budgeting ini bekerja sebagai batasan untuk menilai kinerja dan efisiensi usaha kamu. Membuat menyusun budgeting, buatlah pembatas untuk membantu membatasi seberapa pengeluaran kamu sesuai koridor yang sudah ditentukan dan estimasi sebelumnya.

Setelah menyusun anggaran untuk periode ini, lakukanlah budgeting secara berkesinambungan dengan menyesuaikan setiap budget dan kondisi dari periode bersangkutan. Gunakan juga review dari budgeting untuk usaha kecil kamu dari periode sebelumnya agar bisa memiliki gambaran yang lebih baik dari sebelumnya.

6. Catat Pemasukan Usaha 

Menjadi pengusaha tidak hanya mencatat pengeluaran usaha saja melainkan catat juga pembukuan terkait pemasukan usaha, bahkan ini hukumnya wajib dilakukan. Kamu bisa menghitung setiap pemasukan yang didapat, kemudian menghitung potongan dari setiap kewajiban yang mesti dibayarkan.

Dari situ kamu akan mengetahui berapa keuntungan yang kamu dapatkan dari usaha yang kamu jalani, maka dari itu sangat penting untuk menyusun pemasukan secara rinci.

7. Tidak Takut Mengajukan Pinjaman dan Investasi

Tahukah kamu mengajukan pinjaman dana usaha dapat dijadikan solusi membantu dalam menjalankan usaha. Setidaknya dengan cara ini dapat mengatasi kebutuhan bisnis mendesak seperti membeli peralatan atau mengembangkan tim usaha.

Selain itu tidak ada salahnya mencoba investasi meskipun skala usaha kamu kecil, bukan berarti kamu mengabaikan peluang masa depan melalui investasi. 

Tidak ada salahnya juga menyisihkan uang kamu untuk berinvestasi pada instrumen yang berpotensi membantu perkembangan usaha di kemudian hari. Pelaku usaha harus mampu melihat peluang dan memanfaatkannya seoptimal mungkin untuk meraih keuntungan yang lebih besar.

Manfaat Cara Pengelolaan Keuangan Usaha yang Efektif

1. Arus Kas Menjadi Sehat

Mampu menerapkan cara mengelola keuangan usaha yang tepat akan memberikan dampak positif pada arus kas usaha kamu.  Nantinya, kamu tidak pusing lagi memikirkan bagaimana menutupi biaya usaha, menggaji karyawan, bayar cicilan hutang, dan hal-hal lain menyangkut operasional bisnis.  Salah satu kuncinya, selalu bersikap disiplin jika ingin berhasil mengelola arus kas dengan baik.

2. Mengetahui Jumlah Modal yang Dikeluarkan

Dengan cara mengelola keuangan usaha yang baik, kamu dapat mengetahui jumlah dana yang dikeluarkan untuk pembelian aset bisnis. Aset tersebut menghasilkan pendapatan bagi bisnis dan mampu menyeimbangkan dana untuk belanja modal dengan aset yang dihasilkan, hal ini perlu dilakukan agar bisnis kamu bisa terhindar dari pailit.

3. Menurunkan Biaya Produksi

Memahami betul cara mengelola keuangan usaha, bisa menemukan celah untuk menurunkan biaya produksi tanpa perlu menurunkan kualitas. 

Seperti mengurangi penggunaan air dan listrik, meminta potongan harga pada vendor langganan, atau membeli persediaan barang dengan harga grosir. Langkah-langkah seperti inilah mampu menjaga biaya produksi serendah mungkin sekaligus menciptakan arus kas yang lebih sehat lagi.

Demikian pembahasan cara mengelola keuangan usaha yang baik dan efektif sehingga sangat berguna sekali bagi pengusaha pemula.

Amda juga bisa mendapatkan informasi lainnya tepat di bawah ini.

Baca juga:

Kamu perlu ingat, keuangan usaha adalah suatu hal yang sangat krusial bagi berjalannya sebuah usaha dan menjadi faktor kesuksesan dari perkembangan usaha tersebut. Semangat dan sukses selalu!

Related Posts

source : https://www.taupasar.com/2022/11/cara-mengelola-keuangan-usaha.html

Leave A Reply

Your email address will not be published.