Seputar Tentang Kehidupan Keseharian

5 Cara Mudah Membuat Rencana Bisnis yang Baik dan Efektif

0

Halo Guys pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai Referensi 5 Cara Mudah Membuat Rencana Bisnis yang Baik dan Efektif .

Selain menyiapkan modal dan pengetahuan yang cukup akan bisnis, maka seorang pengusaha juga harus mengetahui cara membuat rencana bisnis yang tepat dan efektif. Karena hal tersebut merupakan dasar yang serius dalam menjalankan sebuah usaha.

Cara  Membuat Rencana Bisnis

Berdasarkan banyak pengalaman usaha yang dijalankan tanpa rencana bisnis yang jelas dapat berakhir dengan kerugian. Meskipun tidak menjamin akan selalu menguntungkan, namun dengan membuat perencanaan terlebih dahulu maka jalannya perusahaan akan menjadi lebih jelas.

Mengenai Rencana Bisnis yang Baik

Cara membuat rencana bisnis memang bukanlah perkara yang mudah, ada banyak sekali aspek yang harus dipertimbangkan sebelum membuatnya. Karena isinya adalah tujuan dari pengusaha ketika hendak menjalankan sebuah usaha.

Contohnya adalah strategi yang akan dijalankan dan berbagai faktor internal dan eksternal yang perlu diperhatikan ketika menjalankan sebuah usaha. Agar anda dapat membuat sebuah rencana bisnis yang baik, maka Anda harus mengetahui terlebih dahulu mengenai rencana bisnis tersebut.

Rencana bisnis ini sendiri merupakan dokumen tercetak yang dirancang oleh pengusaha dengan menggambarkan banyak faktor. Contohnya adalah faktor atau aspek internal dan eksternal ketika hendak memulai atau menjalankan sebuah bisnis. 

Pada umumnya yang dituliskan dalam rencana bisnis tersebut adalah tujuan utama menjalankan bisnis dan strategi yang akan diterapkan. Yang mana semua rencana tersebut ditulis dalam rencana bisnis tersebut secara terperinci dan juga realistis. 

Dokumen tersebutlah yang kemudian akan menjadi pegangan dan pedoman Anda ketika sedang menjalankan bisnis yang sudah dirancang. Kemudian rencana bisnis juga harus ditulis dengan jelas dan mudah dimengerti oleh orang lain. 

Sehingga semua yang berhubungan dengan usaha dapat memahaminya dengan baik. baik karyawan, mitra bisnis, hingga pihak lain yang kemungkinan akan terlibat seperti pihak bank atau investor. Sehingga tidak menimbulkan kesalahpahaman dalam prakteknya kemudian.

Faktor-faktor Penting Rencana Bisnis

Dalam membuat sebuah rencana bisnis, ada beberapa faktor penting yang harus Anda pertimbangkan dengan baik. beberapa faktor ini bisa merupakan faktor internal maupun eksternal sebagaimana yang dituliskan dibawah ini:

1. Ringkasan Eksekutif

Ringkasan eksekutif ini merupakan sebuah penjelasan seperti nama perusahaan dan deskripsi makro bisnis yang ingin Anda jalankan. Penjelasan lengkapnya seperti bisnis yang Anda jalankan akan bergerak di bidang apa serta visi dan misi apa yang ingin Anda capai setelah sudah berjalan nanti.

2. Pengantar

Di dalam pengantar tersebut, Anda dapat menguraikan mengenai latar belakang perusahaan, termasuk orang-orang yang akan terlibat, struktur perusahaan, pemegang saham, dan lain sebagainya. 

Selain itu Anda juga harus menggambarkan visi, misi, tujuan jangka pendek, dan tujuan jangka panjang dari bisnis Anda tersebut dengan lengkap, detail dan terperinci.

3. Analisis Produk

Kemudian yang tidak kalah penting untuk dicantumkan disini adalah mengenai produk dari suatu usaha yang secara umum dapat terbagi menjadi dua, yakni berupa produk barang dan jasa. Ketika Anda menghendaki menjual suatu barang, maka Anda harus melakukan analisa barang.

Contohnya adalah seperti apakah barang tersebut dapat memenuhi kebutuhan dari banyak orang yang menjadi target pasar. Selain itu, Anda harus menentukan cara memproduksinya, apakah akan membuat barang baru atau melakukan upgrade pada barang yang sudah ada sebelumnya tanpa harus mengubah bentuknya.

Namun ketika Anda ingin menjual jasa maka yang harus dibuat adalah sistem tentang bagaimana jasa tersebut akan berjalan. Contohnya mulai dari bagaimana cara pemesanan jasa tersebut sampai dengan cara kerja jasa yang akan diberikan kepada pelanggan. 

Kuncinya yang pasti adalah Anda harus dapat menciptakan sistem produksi dan penyediaan jasa yang menarik, kompetitif, dan relevan bagi pelanggan sehingga mereka dapat menikmatinya. Dan kemudian menjadi pelanggan terhadap produk yang Anda tawarkan.

4. Analisis Pemasaran

Kemudian yang keempat adakah melakukan analisis pemasaran untuk menjelaskan analisis pasar yang dibidik beserta target pasarnya. Sehingga Anda dapat memberikan penjelasan mengenai kompetitor di bidang yang sama dari usaha tersebut. 

Kemudian yang tak boleh dilupakan pada tahapan ini adalah rincian selanjutnya. Yang harusnya berisi mengenai bagaimana tujuan dan strategi pemasaran yang akan dilakukan oleh perusahaan Anda.

5. Analisis SDM

Kemudian selanjutnya adalah melakukan analisis SDM karena setiap perusahaan membutuhkan pekerja untuk dapat beroperasi. Banyak divisi berbeda yang diperlukan dalam menjalankan sebuah perusahaan dan memerlukan orang yang berbeda pula. Mereka harus diberi penjelasan agar mengetahui mengenai sistem operasi perusahaan Anda.

6. Analisis Keuangan

Analisis keuangan perlu dilakukan karena untuk menjalankan bisnis membutuhkan modal, baik itu uang, infrastruktur, dan lain sebagainya. Sehingga  Anda harus dapat melakukan analisis keuangan untuk dapat mengukur kebutuhan modal, memprediksi pendapatan, laba atas investasi, dan juga menghitung leverage dalam usaha Anda.

7. Analisis Peluang Bisnis

Setiap peluang bisnis akan menghadirkan masalah yang harus dihadapi tersendiri. Sehingga pada analisis peluang bisnis, Anda dapat menjelaskan masalah apa yang mungkin akan dihadapi oleh perusahaan dan solusi untuk mengatasinya.

8. Rencana Eksekusi

Kemudian yang harus dijelaskan adalah mengenai cara Anda menjalankan atau mengeksekusi rencana yang sudah dibuat. Mulai dari awal pembuatan, produksi, pemasaran, hingga cara mendapatkan keuntungan yang diharapkan.

9. Lampiran

Kemudian yang paling akhir adalah lampiran yang harus ada seperti dokumen seperti legalitas perusahaan, sertifikat, dan dokumen pendukung lainnya yang dapat semakin menjamin kualitas rencana bisnis yang Anda buat.

5 Cara Membuat Rencana Bisnis dengan Mudah

Kemudian hal penting selanjutnya yang dapat anda lakukan setelah mengetahui faktor-faktor penting yang harus dipertimbangkan dalam membuat rencana bisnis, maka Anda dapat mengikuti 5 cara membuat rencana bisnis dengan mudah di bawah ini:

1. Melakukan Riset Bisnis

Pertama kali yang harus Anda lakukan adalah dengan membuat riset terlebih dahulu. Yang mana harus relevan dengan bisnis Anda. Sehingga dapat memberikan hasil untuk dimasukkan ke dalam rencana bisnis, dapat menjadi solusi atas masalah yang mungkin muncul kelak.

2. Tentukan Visi, Misi, dan Tujuan

Kemudian selanjutnya adalah menentukan Visi, misi, dan tujuan sebagai hal yang penting dan harus ada di dalam sebuah organisasi. Ketiga poin penting  tersebut selanjutnya akan menjadi pedoman bagi semua orang yang terlibat di dalam operasional perusahaan. 

3. Buat Profil Perusahaan

Lalu yang tak kalah penting adalah membuat company profile yang berisi perusahaan Anda untuk diperkenalkan ke berbagai kalangan. Disini dapat dituliskan sejarah perusahaan didirikan, produk apa yang disediakan, target pasar, serta kepemilikan sumber daya perusahaan.

4. Catat Semua Transaksi Keuangan

Kemudian yang tak kalah penting lagi adalah mencatat semua transaksi keuangan. Karena kelak akan digunakan saat mengajukan investasi pada investor atau pihak lainnya. Dengan demikian investor dapat memahami arus kas perusahaan Anda dan menjadi yakin untuk berinvestasi.

5. Susun Strategi Pemasaran

Kemudian yang terakhir adalah membuat menyusun strategi pemasaran dan rencana eksekusinya. Dalam strategi ini yang termasuk konsep strategi, saluran promosi, hingga anggaran biaya yang diperlukan.

Masih belum berakhir, sejumlah informasi di bawah ini juga bisa memberikan pengetahuan tambahan dan bisa Anda jadikan referensi.

Baca juga:

Demikianlah cara membuat rencana bisnis yang baik dan tepat sasaran. Semoga menambah wawasan Anda dalam mengembangkan usaha dengan baik dan memberikan keuntungan sesuai harapan.Selamat mencoba!

Penulis: Rina

Related Posts

source : https://www.taupasar.com/2022/09/cara-mudah-membuat-rencana-bisnis.html

Leave A Reply

Your email address will not be published.